RAGAM

e-Planning dan e-Budgedting Bakal Diterapkan. Pejabat Eselon Harus Kuasai IT

BETUN, Kilastimor.com-Pejabat eselon yang berada dilingkup pemkab Malaka jangan puas dengan jabatan yang diterima namun harus tetap belajar dari waktu ke waktu, agar tetap eksis dan tidak ketinggalan kereta. Setiap saat ada perkembangan-perkembangan baru yang harus diketahui, seperti aturan dan regulasi yang harus di update guna menunjang pekerjaannya.

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Pajabat harus peka melihat persoalan itu sehingga sejak dini harus belajar memanfaatkan kemajuan teknologi informatika seiring perkembangan zaman. Warning Pemerintah Pusat menerapkan electronic Planning (e-Planning) dan eletronic Budgeting (e-Budgeting) secara online harus diantisipasi sejak dini, supaya ketika diberlakukan seorang pejabat sudah harus siap. Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu disela acara pelantikan pejabat dilingkup Pemkab Malaka belum lama ini.

Bria Seran mengatakan pemanfaatan IT dilingkup pemerintahan sejak dini harus dikampanyekan, agar setiap ASN menyadari hal itu. Kalau ASN mau maju dan berkembang harus bisa merespon kebutuhan itu. IT bukan tujuan tetapi sarana untuk mencapai tujuan. Signal itu sudah disampaikan pemerintah pusat saat pertemuan dengan kepala daerah dan para pejabat eselon di Kupang belum lama ini.

Kedepan, menurut Bria Seran pengelolaan keuangan harus tersistem menggunakan instrumen online sehingga masalah IT tidak bisa ditawar menawar. Komisioner KPK, Basariah Panjaitan sudah mendaskan hal itu dalam sosialisasi tentang pencegahan korupsi, terutama menyangkut perencanaan, perijinan dan tenaga kerja yang digelar di Kupang sudah memberikan signal terkait masalah itu.

Baca Juga :   Polres Belu Amankan Paskah 2018 di Belu dan Malaka

Dalam sosialisasi itu, KPK mengatakan orang mau korupsi biasanya diawali dan dimulai dari perencanaan sehingga perencanaan itu harus terbuka dan tersistem yang menggunakan instrumen online e-Planning. Artinya, Semua orang bisa mengakses, tahu dan tidak perlu saling berhubungan. Kedua, untuk pengelolaan keuangan juga harus menggunakan e-Budgeting. Seperti DKI uang harus dimasukkan ke sistem sehingga mau diotak atik tidak bisa. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top