RAGAM

Golkar Dukung Penganggaran untuk Pembangunan Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Golkar memiliki political anggaran yang mendukung lima program prioritas pemerintah Malaka. Sebagai partai pengusung, Golkar akan mendukung semua program pemerintah yang berkaitan dengan kebutuhan pokok rakyat.
“Kita dorong setiap SKPD agar mengalokasikan anggaran yang optimal bagi realisasi lima program prioritas pemerintah. Pemerintah harus menyiapkan tenaga ahli, tenaga SDM yang handal guna mendampingi dan mengelola anggaran itu dengan baik agar bermanfaat bagi rakyat Malaka,” bilang anggota DPRD Malaka, Balthazar Manek, Jumat (19/8).

Balthazar Manek

Balthazar Manek

Selain mendukung, Golkar juga akan mendorong pemerintah fokus melakukan penganggaran dalam pembahasan anggaran murni 2017, untuk mendukung lima program prioritas yang dicanangan pemerintah sesuai perda RPJMD Kabupaten Malaka.
Manek mengatakan, terkait revolusi pertanian perlu disiapkan tenaga teknis yang memadai di lapangan agar bisa melakukan pendampingan di lapangan sehingga intervensi anggaran itu dapat dimanfaatkan sesuai peruntukan. Camat sebagai ujung tombak Pemerintah perlu dimanfaatkan secara optimal untuk melakukan pengawasan dalam setiap pelaksanaan kegiatan di desa.

Peranan, fungsi , tugas camat perlu dituangkan dalam Perbup sebagai kerangka acuan kerja camat di lapangan. Kinerja camat harus dapat diukur sesuai kewenangan yang diberikan pemerintah. Persoalannya selama ini kerja camat tidak jelas dan tidak diatur dalam satu perbup, sehingga kerjanya hanya borongan dan tidak terukur. Kalau dituangkan dalam perbup, maka kinerja camat bisa diukur sesuai tugas, tanggung jawab dan kewenangan yang didelegasikan pemerintah. Kalau tugas camat sudah jelas maka Kabupaten tidak perlu repot turun ke desa melakukan monitoring karena sistimnya sudah dibangun. Kabupaten secara periodik hanya mendapatkan laporan camat terkait pelaksanaan program dan kegiatan di lapangan.

Baca Juga :   ETMC untuk Mencari Club Pemenang Terbaik Mewakili NTT

Untuk infrastruktur wilayah urainya, harus diperbaiki dan bertahap sesuai ketersediaan anggaran. Pemerintah perlu memperhatikan asas pemerataan yang berkeadilan dalam mengalokasikan anggaran . Jalan usaha tani perlu dibangun menuju sentra produksi pertanian guna memperlancar kegiatan revolusi pertanian dan memperlancar akses masyarakat mengangkut hasil pertaniannya. Untuk mendukung Air bersih, perlu dilakukan pemerintah dengan cara menyiapkan tenaga ahli melakukan penelitian terkait sumber air tanah agar saat pengeboran air tanah ada sumber air yang memadai dan tidak mubasir.

Untuk Perpipaan perlu ada badan di kecamatan agar mengelola air di setiap kecamatan agar dipertanggungjawabkan pengelolaannya. SDM, pemerintah perlu siapkan dana untuk tenaga keuangan bagi tenaga yang bisa mengelola keuangan di desa termasuk tenaga pertanian yang langsung berhubungan dengan masyarakat dalam mensukseskan kegiatan revolusi pertanian. Konkritnya, Pemerintah harus menyiapkan tenaga terampil yang bisa mengelola keuangan dan memberikan pelaporan terkait pemanfaatan ADD disetiap desa agar pemanfaatan dan penggunaan uang di desa harus sesuai pripsip-prinsip akuntasi pengelolaan keuangan pemerintah. Pemerintah juga harus berani mengalokasikan anggaran untuk tenaga-tenaga ahli pertanian sebagai pendamping dibidang pertanian di desa, dengan memanfaatkan SDM anak-anak Malaka. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top