RAGAM

Jamaah Haji Asal Belu Meninggal di Arab Saudi

ATAMBUA, Kilastimor.com-Taggi Haseng Maggu (57), salah seorang jemaah Calon Haji asal Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL meninggal dunia di tanah suci Arab Saudi.

Penyelenggara Haji Belu

Penyelenggara Haji Belu

Penyelenggara Haji dan Umrah, Kementerian Agama Kabupaten Belu, Hasanuddin benarkan, Taggi Haseng meninggal dunia di Hotel Nawazi Watheer, Arab Saudi pada Senin (29/8) lalu pukul 01.00 dini hari waktu setempat, usai melaksanakan Umrah pertama.

“Kami dapat informasi kematian (Taggi Haseng-red) pas pulang dari Surabaya. Kematian beliau masih simpang siur. Penyebab kematiannya kita tidak tahu, katanya beliau jatuh saat melakukan umrah pertama,” ujar dia kepada awak media di Atambua, Rabu (31/8/2016).

Menurut Hasanuddin, justru Taggu Haseng jemaah calon Haji yang meninggal ini kondisinya sehat. Sebelum diberangkatkan ke tanah suci para jemaah wajib melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit. Semua jemaah mempunyai resiko kesehatan, dari 15 jemaah calon Haji asal Belu kita diberikan tanda gelang merah kuning kepada tiga orang.

“Semua jemaah calon Haji Belu jalani pemeriksaan di rumas sakit Atambua sampai Surabaya. Jemaah tidak akan dilepas tanpa ada pemeriksaan kesehatan,” terang Hasanuddin.

Dituturkan, jenasah Taggi Haseng dimakamkan di Arab Saudi. Nantinya, almarhum mendapatkan asuransi haji dari Pemerintah. Pemerintah mengembalikan sekian uang untuk menghajikan orang yang meninggal dunia.

“Pekerjaan almarhum sehari-hari sebagai petani. Ada hak asuransi dari Pemerintah dan itu kewajiban Pemerintah kembalikan ke keluarga,” ucap dia.

Baca Juga :   Hitungan Final, SBS-DA Raub 44.907 Suara

Lanjut Hasanuddin, almarhum Taggi Haseng Maggu berusia 57 tahun, kelahiran Pongka, Kabupaten Bone-Sulawesi Selatan dan saat ini berdomisili di Jln. I.J Kasimo Atambua. Almarhum diberangkatkan bersama istrinya Buratna Ambodai pada tanggal 27 Agustus lalu. Masuk dalam kloter 48, rombongan 4 dengan paspor keberangkatan B.22598669, nomor porsi 1600006635.

Data dari Departemen Agama Kabupaten Belu menyebutkan, sejak tahun 2000 sampai dengan 2016 sebanyak 462 jemaah calon Haji telah diberangkat ke tanah suci Mekkah. Daftar tunggu jemaah calon Haji dari tahun 2011 sampai 2016 sebanyak 404 orang termasuk 45 dari wilayah Malaka. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top