POLITIK

Jangan Giring IKAS ke Ranah Politik

KUPANG, Kilastimor.com-Pernyataan dukungan Organisasi Ikatan Keluarga Sumba (IKAS) Kupang terhadap paslon Jonas Salean-Niko Frans, oleh Ketua IKAS, Prof. Umbu Data, ditolak sejumlah anggota.
Salah satunya datang dari tokoh Sumba di Kupang, Umbu Samapaty.

Umbu Samapaty

Umbu Samapaty

Umbu Samapaty kepada Kilastimor, Selasa (30/8) mengungkapkan, IKAS merupakan organisasi kekeluargaan orang Sumba di Kupang. Karena itu, tujuan organisasi ini hanya membina hubungan kekeluargaan orang Sumba.

Karena itu, tegasnya, upaya penggiringan orgasasi itu ke jalur politik, terutama mendukung figur Jonas Salean-Niko Frans dalam Pilkada Kota, sangatlah keliru dan mengangkangi apa yang menjadi tujuan pendirian IKAS.

Pernyataan Prof. Umbu Data selaku Ketua IKAS Kupang, bahwa mendukung Jonas Salean sangat prematur dan tidak dapat diterima. Pasalnya, organisasi tersebut, haruslah bebas dari nilai politik.

Baginya, setiap orang Sumba di Kupang memiliki pilihan tersendiri, dan tidak atas nama IKAS. Karena itu, sangat tidak dibenarkan IKAS masuk jalur politik. “Saya anggota IKAS, tapi mendukung Jefri Riwu Kore. Jadi ini sebuah kesalahan dan kekeliruan. Tidak boleh giring anggota,” paparnya.

Praktisi hukum yang juga pengusaha tersebut menjelaskan, Prof. Umbu Data merupakan PNS, yang harusnya netral dalam politik praktis.
Prof. Umbu Data terang dia, harusnya sadar dengan status tersebut, sebab bisa berdampak hukum.

Umbu Samapaty meminta keluarga besar IKAS, untuk memilih sesuai hati nurani, dan tidak terpengaruh dengan pernyataan Prof. Umbu Data. Silahkan setiap anggota IKAS memilih sesuai dengan hati nurani, tanpa ada paksaan dan hasutan pihak lain.

Baca Juga :   Pemda Bisa Gunakan Dana Hibah untuk Biayai Pilkada

Terpisah, Koordinator Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK) Kupang, Titus Tagimolu mengungkapkan, secara organisatoris Prof. Umbu Datta sebagai Ketua IKAS dan itu diakui oleh masyarakat Sumba di Kota Kupang.

Akan tetapi paparnya, IKAS merupakan wadah perkumpulan orang Sumba yang ada atau berdomisili di Kota Kupang, dengan tujuan bersatu dalam azas kekeluargaan sebagaimana yang telah di atur dalam AD/ART IKAS.

Oleh karena itu, Ketua IKAS Prof. Umbu Datta tdk bisa mengatasnamakan IKAS dlm berpolitik praktis utk mendukung salah paket, yakni Jonas Salean, karena Ikas bukan organisasi politik. (ify)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top