RAGAM

Kades dan BPD Desa Numponi Sosialisasi Dana Desa Melalui Hiburan Rakyat

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah dan BPD Desa Numponi-Kecamatan Malaka Timur, Malaka, NTT, memiliki banyak cara untuk menghadirkan masyarakat dalam sosialisasi Dana Desa dan ADD. Salah satunya yakni, memanfaatkan momentum HUT ke-71, RI, sebagai ajang untuk mensosialisasikan program Dana Desa dan ADD 2016, agar mendapatkan dukungan masyarakat.

Ketua

Bernadus Bisik

Kepala Desa dan BPD Desa Numponi sepakat menggelar hiburan rakyat berupa kegiatan olahraga dan kesenian dengan melibatkan warga 12 dusun di Desa Numponi yang direncananya akan ditutup hari Rabu (24/8) mendatang.
Sebelum pertandingan atau perlombaan, pihak desa mengajak masyarakat berbicara terkait dana desa dan ADD Desa Numponi termasuk bagaimana partisipasi warga mengelola anggaran itu.

“Melalui cara-cara kecil itu kita meminta dan menghimbau rakyat desa Numponi agar giat melaksanakan program di desa yang difasilitasi melalui program dana desa dan ADD Desa Numponi tahun 2016, karena akan bermanfaat bagi masyarakat di masing-masing dusun.
Ketua BPD Desa Numponi, Bernadus Bisik mengatakan hal itu kepada wartawan disela acara pertandingan bola voly antar dusun di Numponi, Kecamatan Malaka Timur, Minggu ( 21/8/2016).

Bernadus mengatakan, kegiatan hiburan rakyat berupa kegiatan olahraga diantaranya voly dan tarik tambang. Sedangkan untuk kesenian ada lomba likurai, bidu dan tebe.
Menurut Bernadus, rakyat Desa Numponi jangan jadi obyek pembangunan tetapi harus menjadi subyek pembangunan terutama didalam menjalankan program dana desa dan ADD tahun 2016. Mereka jangan dijadikan penonton tetapi harus menjadi pelaku utama pembangunan di Desa Numponi melalui berbagai program yang dikemas bersama melalui program ADD 2016. “Masyarakat kita mau terlibat aktif dalam pengelolaan dana desa dan ADD karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan rakyat di masing-masing dusun. Pengelolaan ADD bukan hanya tanggung jawab aparat desa tetapi harus melibatkan partisipasi aktif masyarakat desa, karena semua program yang dikemas harus bermuara bagi kesejahteraan masyarakat desa,” sebutnya.

Baca Juga :   SMAN Harekakae Bisa Tampung 400 Siswa Baru. Manejemen Fokus Benahi Sekolah

Dikatakan, BPD dan warga Desa Numponi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka yang telah menugaskan Penjabat Kades Numponi, Siprianus Manek Asa (SMA), yang dengan caranya membuat gebrakan-gebrakan mendasar terkait perubahan-perubahan konsep dasar pembangunan di wilayah Desa Numponi. Dalam konsep itu katanya, rakyat harus jadi pelaku utama pembangunan di desa dan tidak boleh dijadikan penonton mulai dari proses perencanaan program, pelaksanaan dan evaluasi program.

Menurutnya, selama ini rakyat berpikir bahwa pembangunan itu hanya dilaksanakan aparatur desa dengan dukungan BPD. Tetapi konsep itu diubah. Pengurus desa dan BPD hanya memfasilitasi agar semua kegiatan di desa dilakukan rakyat. BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pendidikan, tokoh agama serta perwakilan perempuan diundang membahas secara khusus niat itu, dan mendapatkan apresiasiasi dari seluruh warga. Hal itu bisa merubah paradigma berfikir masyarakat desa Numponi dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi kegiatan yang akan dilaksanakan.

Penjabat Desa Numponi, SMA telah merubah paradigma berfikir masyarakat terkait pengelolaan ADD yang selama ini menjadi bahan pergujingan masyarakat. SMA telah meletakkan dasar yang baik dan dinamis guna dilanjutkan kades definitif di desa Numponi kelak. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top