RAGAM

Kerja Sama Pemerintah dan DPRD Percepat Realisasi Lima Program Prioritas di Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka akan memfokuskan diri pada pelaksanaan program prioritas yang berhubungan dengan kebutuhan rakyat. Pemerintah akan fokus mengatasi persoalan rakyat dan memenuhi kebutuhan rakyat. Hal itu sesuai harapan pemerintah pusat untuk fokus pada satu dua program sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat selama lima tahun kedepan. Untuk mewujudkan niat itu, pemerintah tetap membangun kerja sama dengan DPRD Kabupaten Malaka untuk merealisasikan kebutuhan rakyat.

Bupati dan Wakil Bupati Malaka

Bupati dan Wakil Bupati Malaka

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dihadapan sidang paripurna DPRD Kabupaten Malaka dalam Pelaksanaan sidang I di Betun belum lama ini mengatakan, program prioritas dicananangkan pemerintah sesuai harapan dan himbauan pemerintah Pusat. Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi belum lama ini, Presiden meminta supaya fokus dalam satu dua program yang memang sangat dibutuhkan rakyat. Preseden meminta pimpinan wilayah seluruh indonesia agar memperhatikan hal itu selama masa kepeimpinannya, sehingga saat lima tahun berakhir masa jabatan bisa kelihatan hasil pembangunan yang dikerjakan.

Menurut Bria Seran, sesuai dengan visi-misi dan program prioritas Bupati dan wakil Bupati Malaka selama lima tahun pemerintah akan membangun infrastruktur jalan dan jembatan agar memperlancar akses transportasi barang dan orang keluar masuk Malaka dan bisa mendorong pertumbuhan di berbagai sektor. Pemerintah juga akan melakukan penataan di bidang pendidikan dasar dan kesehatan. Dibidang pendidikan dasar pemerintah akan melakukan penataan terkait guru-guru baik dari aspek jumlah, pesebaran dan kompetensi guru. Selain itu perlu penataan infrastruktur dan sarana prasarana pendidikan agar memadai guna menunjang kelancaran pendidikan. Dibidang kesehatan, pemerintah akan menata pelayanan dasar dibidang kesehatan dan rujukan. Program prioritas lainnya, pemerintah akan menyediaan sarana air bersih dengan cara temporary solution dengan menyedikan air bersih supaya dimanfaatkan warga yang membutuhkan melalui program tankinisasi yang dapat melayani air bersih bagi warga. Selain itu pemerintah akan menjalankan Permanent solution dengan cara menjalankan program pipanisasi dengan memanfaatkan sumber-sumber air potensial di desa dan pengeboran air bersih bagi warga atau melalui program embung.

Baca Juga :   189 Praja IPDN akan Ditugaskan ke Perbatasan Belu-Timor Leste

Program prioritas lainnya, pemerintah akan menjalankan kegiatan revolusi pertanian dimana dengan pemerintah akan menggunakan cara-cara luar biasa untuk mengolah lahan masyarakat agar dimanfaatkan rakyat supaya ada ketercukupan pangan. Targetnya, dalam satu dua tahun kedepan rakyat Malaka jangan lapar dan kekurangan makanan. Program prioritas terakhir adalah pembangunan SDM dimana anak-anak Malaka akan disekolahkan mulai S1, S2 dan S3 sehingga suatu saat kelak mereka bisa kembali membangun Malaka dengan SDM yang memadai.

Untuk mewujudkan niat diatas, timpalnya, pemerintah tidak berjalan sendiri tetapi tetap bergandengan tangan dengan DPRD sebagai representasi rakyat. Pemerintah tetap bersinergy dan bekerja sama dengan DPRD Kabupaten Malaka agar semua program prioritas yang dicanangkan pemerintah bisa mendapatkan dukungan, guna mempercepat pencapaian kesejahteraan di Kabupaten Malaka. Dalam implementasi program prioritas itu pemerintah akan mengedepankan money follow program dan bukan money follow function. Kita tidak melakukan pemerataan anggaran bagi setiap SKPD, tetapi akan mengintervensi anggaran lebih bagi realisasi program prioritas yang dicanangkan pemerintah. (boni)
Balas Balas ke Semua Teruskan Lebih lanjut
Klik kepada Balas, Balas Semua atau Teruskan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top