RAGAM

Lembaga Pendidikan Malaka Proaktif Meriahkan HUT RI. Gerak Jalan 45 KM Jumat Malam Ini

BETUN, Kilastimor.com-Lembaga Pendidikan di Kabupaten Malaka mulai dari SD,SMP, SMA/SMK sangat proaktif mengikuti kegiatan 17 Agustus khususnya olahraga dan kesenian. Dibidang olahraga, khususnya gerak jalan semua sekolah mengutus delegasinya mengikuti kegiatan tersebut di Betun. Hal itu menandakan bahwa orang Malaka, khususnya dibidang pendidikan sangat responsif. Dunia pendidikan menyadari pentingnya mensyukuri nikmatnya sebuah kemerdekaan yang dituangkan dalam keikutsertaannya dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan. “Kita berharap ditahun mendatang kegiatan seperti ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya sehingga setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI benar-benar memberikan nilai dan semangat bagi siswa yang terlibat pada berbagai kegiatan dalam rangka menyukuri kemerdekaan yang sudah diraih para pejuang kita. Tugas kita kedepan bagaimana mengisi kemerdekaan itu dengan berbagai kegiatan yang bersifat positif untuk kemajuan kita kedepan,” kata Kadis PKPO Kabupaten Malaka, Drs. Petrus Bria Seran, MM kepada wartawan disela acara perlombaan gerak jalan antar siswa di Betun belum lama ini.

Tampak peserta gerak jalan dalam rangka memeriahkan HUT RI 2016.

Tampak peserta gerak jalan dalam rangka memeriahkan HUT RI 2016.

Petrus Bria Seran mengatakan kegiatan yang dilaksanakan saat ini merupakan amanat yang Bupati dan Wakil Bupati Malaka, SBS-DA yang ditindak lanjuti Dinas PKPO Malaka. Kita sudah siapkan semuanya jauh hari sebelumnya bersama kepala sekolah dan pembina olah raga sehingga semua siswa ambil bagian untuk mengisi semua kegiatan yang ada. Silahkan lihat sendiri bagaimana partisipasi semua lembaga pendidikan dalam berbagai kegiatan.

Baca Juga :   Ratusan Tenaga Honorer K2 Minta Perhatian Wali Kota Kupang

“Melalui kegiatan ini kita akan menanamkan jiwa patriotisme kepada anak-anak didik serta nilai-nilai perjuangan bagi siswa agar mereka menyadari bagaimana pentingnya mengisi kemerdekaan melalui berbagai kegiatan positif yang sifatnya membangun masyarakat,” sebutnya.

Plt.Kabid dan Pemuda Olah Raga pada dinas PKPO Kabupaten Malaka, Hendrikus Nahak,S.Pd. M.Fis kepada wartawan mengatakan khususnya peserta gerak jalan bagi siswa/i SD 8 km diikuti 400 regu lebih sehingga dibagi dalam dua gelombang dengan waktu pelaksanaannya dua hari dengan rute Haitimuk-lapangan umum Betun. Khusunya SMP diikuti 53 sekolah. Selain itu bagi siswa SMA Putri , putri SKPD dan organisasi pemuda mengikuti lomba gerak jalan sepanjang 17 Km dilakukan dari SMA fajar Timur Kobalima dan finis di Lapangan lapangan umum Betun. Sementara itu khususnya untuk peserta gerak jalan putra 45 km dengan lokasi start di Weakar, Kecamatan Wewiku dan finisnya di Betun, Malaka Tengah. Waktu pelaksanaannya, Jumat (12/8) jam 21.00 WITA dan diperkirakan tiba di lapangan umum Betun Sabtu jam 5.00 WITA dan direncanakan akan diterima Bupati, wakil Bupati Malaka serta seluruh SKPD. Pelakanaan lomba gerak jalan Putra 45 km malam nanti akan menutup serangkaian lomba gerak jalan di Kabupaten Malaka.

Sementara itu dibidang Kesenian, Kabid Kebudayaan Dinas PKPO Kabupaten Malaka, Laurensius Bria Kepada wartawan mengatakan pada Hari Jumat (12/8) Pukul 16.00 WITA direncanakan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran akan membuka kegiatan Festifal Budaya tariabagi siswa SMP,SMA/SMK se Kabupaten Malaka di lapangan Umum Betun. Pada jam 15.00 WITA semua peserta sudah berada di lapangan umum Betun melakukan gladi sambil menunggu acara pembukaan Festifal oleh Bupati. Dalam acara defile dan parade pembukaan itu semua peserta akan mengenakan pakaian adat khas Malaka. Laurensius kepada wartawan mengatakan dalam pelaksanaan festival itu kegiatan yang dilaksanakan berupa lomba tarian likurai yang diikuti 33 sekolah SMA/SMK . Dalam festival itu akan dilombakan juga tebe, vocal group, pop singer dan pidato bahasa Inggris antar siswa dan direncanakan selama tiga hari dari tanggal 12 sampai 14 Agustus. Khususnya Pidato Berbahasa Inggris akan dilaksanakan selama tiga hari bagi seluruh siswa SMP dan SMA/SMK dan setiap sekolah bisa mengutus paling banyak 2 siswa.

Baca Juga :   Laporan Stuba Komisi I DPRD Malaka di Minahasa (2). Alokasi Dana Desa Dikelola Secara Terbuka

Selain pelaksanaan festival budaya, warga Kabupaten Malaka akan menikmati acara panggung hiburan rakyat yang dibawakan seluruh lapisan masyarakat. Kelompok masyarakat atau paguyuban seni bisa tampil dalam acara itu dan direncanakan dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 15-18 Agustus nanti. Dalam acara panggung hiburan rakyat itu seluruh elemen masyarakat Malaka diberi ruang untuk tampil dengan materinya bernuansa hiburan rakyat dan budaya Malaka seperti tari gong, likurai,tala, bidu, nyanyi dan kegiatan lain yang sifatnya menghibur masyarakat.

Semenentara itu tepat jam 12.00 WITA, Jumat (12/8) akan dilakukan acara carnaval yang diikuti seluruh lapisan masyarakat Malaka yang dimulai dari SDI Tabene hingga lapangan umum Betun. Kegiatan karnaval itu diikuti seluruh SKPD, kelompok kategorial dalam masyarakat dan organisasi profesi dan lainnya. Kegiatan itu dikoordinasi Sekwan Malaka. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top