RAGAM

Malaka Tengah Ditata jadi Lokpri Kawasan Strategis Nasional

BETUN, Kilastimor.com-Kecamatan Malaka Tengah akan ditata menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN) di wilayah perbatasan Kabupaten Malaka. Rencana Induk dan Rencana Aksi RDTR Lokpri Malaka Tengah akan disusun berdasarkan Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan sesuai pasal 5 ayat 2 Perpres 12/2010 tentang BNPP.

Untuk saat ini semua sedang berproses dan outputnya berupa gambar dan program kerja. Dalam konteks ini, akan membicarakan apa yang dilakukan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten dan yang terpenting masyarakatnya. “Kita akan diskusikan sejauh mana masyarakat siap menerima Betun sebagai beranda depan NKRI,” kata Team Leader Program RDTR Kecamatan Malaka Tengah BNPP Jakarta, Anthony P. Nasution kepada wartawan disaat acara diskusi terkait rencana penyusunan RDTR Lokpri Malaka Tengah di Betun belum lama ini.

Pihak BNPP sedang melakukan sosialisasi di Betun.

Pihak BNPP sedang melakukan sosialisasi di Betun.

“Hari ini kita berdiskusi dengan semua stake holder di Kecamatan Malaka Tengah untuk penggalian gagasan terkait rencana diatas. Kobalima dan Kobalima Timur lebih mengemban fungsi dalam hal pertahanan dan keamanan. Untuk pelayanan masyarakat harus kita kembangkan Kota Betun untuk bisa melayani warga perbatasan. Masyarakat kita yang harus dikembangkan. Kita saat ini mau dengarkan aspirasi dari bawah karena pelakunya kedepan adalah masyarakat. Kalau Malaka Tengah hidupnya baik maka orang akan mengatakan bahwa Indonesia Makmur. Fasilitas kesehatan standart internasional sehingga untuk berobat tidak perlu dirujuk sampai di Kupang. Lembaga pendidikan yang berkualitas patut dipertimbangkan karena menyangkut pembangunan SDM. Itu yang kita harapkan dan akan didiskusikan bersama masyarakat,” paparnya.

Baca Juga :   Jenazah Marthen Bria Seran Dikebumikan Selasa Besok

Inti yang mau diidentifiksi paparnya, bagaimana perkembangan kota Betun setelah dimekarkan. Dinamika ekonominya seperti apa. Industri yang menonjol apa. Potensi yang ada didaerah yang perlu dikembangkan guna menambah nilai ekonomi masyarakat. Kalau di daerah pantai apakah ada industri untuk pengelolaan ikan dan lainnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top