EKONOMI

Masneno: Masyarakat Wajib Pajak, Pendukung Kemajuan Pembangunan Bangsa

OELAMASI, Kilastimor.com-Masyarakat sebagai wajib pajak sesungguhnya tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan pemungutan pajak, dalam rangka mendukung kemajuan pembangunan bangsa. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno saat membukaan kegiatan Sosialisasi dan Publikasi Pemungutan Pajak Hotel dan restauran bagi pelaku usaha dilingkup Kabupaten Kupang, pada Rabu (27/7).

Korinus Masneno

Korinus Masneno

Korinus menjelaskan, dalam negara demokrasi, partisipasi masyarakat telah menjadi kunci keberhasilan sebuah bangsa utuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang maju dan sejahtera. Untuk itu, dalam Undang-Undang No 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Kontribusi Daerah telah menetapkan dua model sistem pemungutan yakni Official Assesment System dan Self Assesment System.
Official Assesment System, menurut Korinus, merupakan pajak yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah. Sedangkan Self Assesment System sendiri, merupakan wajib pajak yang diberikan kepercayaan penuh untuk menghitung dan membayar pajak sendiri.

Korinus mengingatkan, sebagai bahan perenungan bersama, semua pihak untuk sadar membayar pajak karena manfaatnya sangat besar dalam mendukung pembangunan bangsa. Hal ini dikatakannya, mengingat setiap tahun ada saja wajib pajak yang sadar untuk membayar dan ada juga yang tidak sadar bahkan cenderung lalai dalam melaksanakan kewajibannya membayar pajak. Sehingga menurut Korinus, dampak dari kelalaian wajib pajak membayar pajak berakibat akumulasi piutang pajak daerah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan akan terus terbawa jika tidak diselesaikan.

Baca Juga :   Nando Seran: Petani Sudah Persiapkan Lahan Hadapi Musim Tanam

Selanjutnya, Korinus memberikan apresiasi kepada pelaku usaha di Kabupaten Kupang yang begitu antusias dan berkenan datang menghadiri kegiatan sosialisasi pemungutan pajak. Dirinya berharap, semua pelaku usaha merupakan wajib pajak yang baik dan taat pajak dan bukan menjadi penunggak pajak seperti yang dilakukan oknum tertentu. “Untuk itu saya berharap dan menegaskan kepada petugas pelayanan, perlu dilakukan hal terbaik kepada wajib pajak, sehingga pengelolaan pajak harus bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Korinus.

Krispinianus Patmawan, Kadis PPKAD Kabupaten Kupang pada kesempatan ini mengungkapkan, pelaksanaan Sosialisasi ini bertujuan membangun komunikasi dengan pelaku usaha sekaligus menyampaikan informasi tentang pentingnya pelaku usaha yang terlibat dalam geliat pembangunan dengan menjadi wajib pajak yang taat membayar tepat waktu. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top