RAGAM

Masyarakat Desa Bisesmus Sepakat Bangun 25 Rumah Layak Huni

BETUN, Kilastimor.com-Rencana penggunaan Dana Desa dan ADD di Desa Bisesmus Kecamatan Laen Manen, Kabupaten Malaka mendapatkan dukungan seluruh warga desa. Sebelum diusulkan ke kabupaten, pemerintah desa sudah melakukan rapat bersama seluruh warga untuk menentukan program prioritas mana yang harus didahulukan, sesuai hasil musrenbangdes Desa Bisesmus. Yang jelas dari proses penetapan program dilakukan secara demokratis sesuai kebutuhan warga yang sangat mendesak. “Kita fungsikan ADD untuk mendukung program prioritas Bupati dan wakil Bupati Malaka terutama dibidang infrastruktur, pendidikan dan revolusi pertanian. Selain itu sesuai hasil musyawarah akan dilakukan pembangunan rumah sehat bagi warga yang sangat membutuhkan terutama bagi masyarakat yang belum pernah disentuh program,” bilang Plt. Kepala Desa Bisesmus, Willybrodus K. Kun kepada wartawan di Laenmanen, Sabtu (6/8/2016).

Dokumen Sertijab Kades Bisesmus

Dokumen Sertijab Kades Bisesmus

Yang jelas pihaknya sudah melakukan musyawarah bersama seluruh warga untuk mereview kembali program prioritas yang harus diientervensi melalui ADD. Berdasarkan aspirasi masyarakat kita akan membangun infrastruktur jalan antar dusun yang menghubungkan dengan sarana pelayanan umum dan sentra produksi pertanian masyarakat. Peningkatan jalan itu akan dilakukan melalui kegiatan rabat beton agar melancarkan masyarakat beraktifitas didalam desa, terutama di musim penghujan. Masyarakat menginginkan supaya arus transportasi didalam desa nyaman dan bisa menggunakan kendaraan bermotor.

“Intinya, masyarakat mau supaya jalan didalam desa bisa baik sehingga memudahkan berbagai aktifitas masyarakat didalam desa serta memudahkan warga melakukan pengangkutan hasil pertanian dari kebun ke rumah. Kita akan membangun secara bertahap sesuai ketersediaan anggaran yang ada,” katanya.

Baca Juga :   Pemkab Prioritaskan Ranperda Tentang Urusan Wajib

Willy melanjutkan, sesuai hasil musyawarah yang ada pihaknya akan mengintervensi anggaran untuk membangun dua gedung PAUD dan membantu biaya operasional penyelenggaraan PAUD di desa Bisesmus. Sarana gedung itu sangat penting karena selama ini mereka beraktivitas menggunakan sarana belajar apa adanya sementara minat belajar anak-anak PAUD cukup tinggi, sehingga perlu difasilitasi dengan sarana gedung yang layak.

Melalui penyiapan sarana itu, pihaknya mendukung salah satu program prioritas Bupati dan wakil Bupati Malaka untuk meletakkan dasar yang kuat dibidang pendidikan dasar. Selain itu menurut Willy, pihaknya akan mengalokasikan anggaran untuk menunjang pertanian masyarakat seperti pengadaan pupuk, obat-obatan untuk menunjang pertanian masyarakat.

Dibidang pemberdayaan sebutnya, pihaknya merencanakan membangun rumah layak huni bagi warga yang sangat membutuhkan. Sesuai hasil musyawarah di desa, dialokasikan anggaran melalui ADD untuk membangun 25 unit rumah sehat bagi warga desa yang sangat membutuhkan dan kita prioritaskan bagi warga yang rumahnya sangat tidak layak dan membutuhkan perhatian melalui program ADD. Pembangunan rumah layak huni itu akan dilakukan secara merata pada seluruh dusun. Sementara untuk menentukan siapa yang perlu dibantu akan dilakukan secara demokratis melalui lotre bagi warga disetiap dusun. “Kita sudah memiliki nama-nama kepala keluarga yang layak mendapatkan bantuan itu. Khususnya di desa Bisesmus akan kita lakukan secara bertahap tiap tahun agar semua warga bisa menikmati rumah layak huni,” tuntasnya. (boni)

Baca Juga :   Bupati Willy Lay Penuhi Janji Kampanye untuk Warga Fatubenao. "Ada Umat Meninggal, Kuburkan di TPU"
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top