RAGAM

Mau Jadi Pejabat Eselon di Malaka? Ini Persyaratannya. Bupati: Kita Konsisten Benahi Birokrasi

BETUN, Kilastimor.com-Untuk menjadi pejabat eselon di Malaka, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Pejabat eselon yang sementara menjalani seleksi di Malaka, harus memiliki empat kriteria.
Adapun kriteria yang harus dimiliki yakni loyal, rajin, jujur dan pintar. Hal ini perlu agar birokrasi kedepan harus memiliki kompetensi yang memadai sesuai bidang tugasnya, peka dan perhatian terhadap rakyat.

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

“Saya sudah meminta kepada Sekda Malaka untuk seleksi. Sebelum 17 Agustus, semua pejabat eselon sudah harus dilantik, agar setelah perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini, semua pejabat eselon langsung bekerja,” ungkap Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada Wartawan disela acara Pembukaan Sidang I DPRD Kabupaten Malaka di Betun, Senin (1/8).

Disebutkan, empat syarat itu merupakan rambu-rambu yang harus dilaksanakan dalam melakukan perekrutan terhadap semua pejabat eselon di Malaka. “Kita harapkan pegawai yang direkrut menjadi pejabat harus memiliki 4 kualifikasi yakni : Pertama, loyal, artinya dalam menjalankan tugas taat kepada aturan main yang ada, taat kepada perencanaan yang sudah ditetapkan untuk kepentingan rakyat, taat kepada program yang sudah ditetapkan dan taat menggunakan resources yang dimiliki pemerintah baik yang bergerak maupun tidak bergerak.

Kedua, rajin artinya, kerja sampai selesai, tidak setengah setengah dan jangan main-main. Ketiga, Jujur. Artinya katakan itu putih ya putih-hitam ya hitam. Keempat, Pintar. Belajar dan belajar, banyak membaca, melihat dan berbuat untuk rakyat.

Baca Juga :   SAHABAT: Kedaulatan Memilih Pemimpin ada di Tangan Masyarakat Belu

“Saya sudah meminta kepada Sekda supaya merekrut pejabat sesuai kriteria yang ditetapkan. Sekda harus menyajikan makanan terbaik melalui kajian yang dibuat untuk diserahkan kepada Bupati, sehingga pejabat yang direkrut sesuai kriteria yang ditetapkan,” ungkapnya.

Kedepan tambahnya, semua jajaran Pemkab Malaka harus kerja sesuai SOP. Setelah lantik akan diberi waktu dua minggu bagi pejabat membuat perencanaan terkait apa yang akan dilaksanakan sekaligus sebagai acuan kerja. “Kita akan ada kontrak kinerja sehingga mereka harus kerja sesuai apa yang direncanakan. Kita akan evaluasi tiap tahun untuk perbaikan kinerja. ASN memungkinkan kita mengambil tenaga dari luar Kabupaten karena sudah diatur dalam mekanisme yang ada,” tegasnya.

Kemarin, pihaknya mendapat pengarahan dari Gubernur dan Mendagri supaya jangan takut mencopot pejabat yang kinerjanya tidak bagus. Itu warning kepada semua untuk bekerja secara baik sesuai aturan. “Kita harus melihat pengarahan itu dari sisi positif untuk perbaikan kinerja pejabat kedepan. Kalau mau aman harus kerja sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” paparnya.

Ketika ditanya rencana pelantikan pejabat eselon, Bria Seran mengatakan bahwa pihaknya akan menggunakan waktu empat hari untuk melantik semua pejabat eselon. “Kita akan lantik pejabat eselon II, Camat, Pejabat eselon III, dan eselon IV sebelum 17 Agustus, sehingga saat pelaksanaan perayaan 17 Agustus didampingi pejabat yang definitif dan asli, bukan tempelan. (boni)

Baca Juga :   Tim RBP Mabes Polri Lihat Pelayanan Polres Belu
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top