RAGAM

Pembukaan Ati Bale Cup I : Pdt. Ketura: Bertandinglah dalam Kasih dan Persaudaraan

OELAMASI, Kilastimor.com-Ketura Taneo Kese, Pendeta GMIT Jemaat Wilayah Tiga Sobat Semau, ketika menyampaikan siraman rohaninya pada ibadah pembukaan Ati Bale Cup I, Sabtu 20/8) lalu, di Semau, menghimbau agar tim yang akan bertanding agar bertanding dalam kasih, persaudaraan dan kebersamaan.

Pose bersama, usai pembukaan Ati Bale Cup I

Pose bersama, usai pembukaan Ati Bale Cup I

Seperti yang disaksikan kilastimor.com, dalam siraman rohaninya yang diambil dari Ibrani 12:14-15, Ketura mengatakan bahwa semua tim atau klub yang akan bertanding harus memelihara kedamaian. Karena dalam sejarah pertandingan di Kecamatan Semau dan Semau Selatan, setiap pertandingan bola kaki selalu diakhiri dengan perkelahian, bahkan kerusuhan.

Walaupun pertandingan ini hanya terjadi di tingkat lokal, yakni di pulau yang masih dalam hal pembangunan, pemerintah terkesan masih menganaktirikan. Sehingga dirinya berharap, walaupun pertandingan ini hanya dilakukan di tingkat pulau atau lokal sekali, tetapi pelaksanaannya bersifat profesional.

“Hanya dengan memelihara damai dan kasih karunia Allah sajalah, kita dapat terus dipersatukan, sebagaimana sesuai dengan Firman Tuhan yang kita baca tadi,” tegas Ketura.

Dirinya berharap, sesuai dengan maksud dan tujuan dari pertandingan ini adalah bagaimana masing-masing tim tetap menjaga, memelihara dan mempertahankan kasih, persaudaraan, dan kebersamaan dari awal pertandingan hingga akhirnya.

Hal Senada juga disampaikan oleh Camat Semau, Eliazar Teuf, Kapolsek Semau Ipda I Putu Samiada dan Danpos Semau, Serda Frans Ndaumanu.
Dalam sambutannya, Eliazar mengatakan bahwa selain spotifitas yang dibangun, setiap klub yang bertanding harus menjunjung tinggi nilai persaudaraan, kasih dan kebersamaan, sebagai satu suku, satu pulau, yakni Pulau Semau. “Kalau selama ini kita dijuluki sebagai Pulau Semau, maka mari kita jaga nama baik pulau ini. Kita harus tetap Se-mau, atau sama-sama mau, untuk suksesnya pertandingan ini,” tandas Eliazer.

Baca Juga :   Satgas Pamtas akan Latih Warga Belu Olah Biji Mete

Selain itu Eliazer juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Semau yang berpartisipasi dalam liga bola mini ini. Dimana dirinya mengatakan bahwa kecintaan dan hiburan bagi masyarakat ini, sehingga walaupun baru tiga hari masyarakat baru selesai mengikuti berbagai kegiatan HUT RI ke-71 di kantor Camat Semau.

Mengakhiri sambutannya, Eliazer berharap, liga yang digelar oleh Imanuel Ati Bale ini berlangsung selama satu bulan dan semua yang ikut bertanding sama-sama capek. Sehingga yang menang adalah semua klub yang ikut bertanding. Untuk itu dirinya berharap yang mendapat peringkat paling belakang, harus berbangga dan jika ingin menjadi juara pertama harus berjuang agar ditahun berikut biasa menang di juara pertama.

Kapolsek Semau, Ipda I Putu Samiada dalam sambutannya juga menekankan tentang Bertanding Dalam Kasih, Persaudaraan dan Kebersamaan. Dirinya mengatakan bahwa, dalam waktu tiga hari setelah HUT RI ke-71, di beberapa kecamatan sudah seperti tertidur setelah perayaan. Sedangkan untuk kecamatan Semau dan Semau Selatan sendiri Imanuel Ati Bale dan panitianya berlelah-lelah menggelar pertandingan dan hiburan bagi masyarakat Semau, sehingga dirinya berharap perlu dihargai perjuangan melelahkan yang sudah dilakukan untuk pehelatan liga ini dengan menjaga keamanan, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Terpisah, Danpos Semau, Serda Frans Ndaumanu ketika ditemui kilastimor.com, disela-sela pembukaan liga Ati Bale Cup I ini. Kepada kilastimor,com mengatakan, seperti yang disampaikan pada ibadah dan sambutan yang disampaikan, dirinya memiliki harapan yang sama, terkait berlangsungnya liga ini. Secara pribadi dan tugas, dirinya akan bersama pihak Polsek Semau akan menjaga keamanan pertandingan ini. Dimana dirinya melihat bahwa pertandingan seperti ini sangat jarang digelar bagi masyarakat. Sehingga liga Ati Bale Cup I, menjadi hiburan yang baik untuk disuguhkan, maka dirinya akan bertanggungjawab juga terhadap pertandingan yang digelar.

Baca Juga :   TULUS Bertekad Lawan Kemiskinan Masyarakat Malaka

Sementara itu, Imanuel Ati Bale, secara singkat dalam sambutannya juga menyampaikan hal sama. Dirinya berharap adanya rasa kasih, persaudaraan dan kebersamaan dalam pertandingan liga yang disuguhkan oleh dirinya.

Untuk diketahui bahwa, Ati Bale Cup I ini, melibatkan 17 tim sepak bola yang tersebar di beberpa desa di Kecamatan Semau dan Semau Selatan. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top