RAGAM

Pemerintah Harus Segera Perbaiki Alat Pencetakan KTP-e

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka harus segera melakukan perbaikan alat-alat pencetakan KTE-e agar bisa melayani kebutuhan dokumen kependudukan. Hal itu harus dilakukan sesegera mungkin agar pelayanan kepada masyarakat bisa teratasi. Komisi sudah melakukan rapat dengan mitra komisi yakni Dispendukcapil. Dalam rapat komisi dan hasilnya pemerintah harus segera melakukan langkah-langkah konkrit untuk mengatasi persoalan itu dalam waktu dekat.

Ilsutrasi KTP-e

Ilsutrasi KTP-e

“Kita dari DPRD sangat mendukung pemerintah untuk menindaklanjuti kebutuhan itu, termasuk menggunakan anggaran mendahului perubahan anggaran tahun ini,” bilang Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Malaka, Doddy Tei Seran kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (24/8/2016).

Dinas Dispendukcapil Malaka ujarnya, sudah mengidentifikasi masalahnya. Intinya, hanya butuh political will pemerintah untuk melakukan perbaikan beberapa alat dan kebutuhan lainnya di Jakarta sehingga alat itu bisa beroperasi.
“Dalam rapat kita sudah menegaskan kepada mitra komisi supaya benar-benar memperhatikan hal itu karena KTP-e sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Untuk saat ini kita masih menunggu Bupati karena masih bertugas ke luar daerah. Kalau beliau sudah berada di Malaka, Komisi I merencanakan melakukan pertemuan dengan beliau termasuk melakukan hearing guna percepatan pencarian solusi mengatasi persoalan pencetakan KTP-e yang tidak tuntas itu,” sebutnya.

Komisi I DPRD Malaka, sangat mengharapkan sikap proaktif pemerintah termasuk menggunakan anggaran mendahului perubahan, guna mengatasi persoalan dan kebutuhan masyarakat itu. Pelayanan dokumen kependudukan termasuk pelayanan KTP-E termasuk urusan wajib yang harus mendapatkan perhatian serius pemerintah untuk penanganannya.

Baca Juga :   Alvin Talok dan Debora Suek Terpilih jadi Duta Pariwisata Kota Kupang

“Komisi I sudah ke Jakarta melakukan konsultasi terkait persoalan yang dihadapi di Malaka, dan secara prinsip mereka welcome membantu. Kita waktu itu mendapatkan petunjuk supaya alat yang rusak itu segera dibawa ke Jakarta untuk diperbaiki, sehingga dapat dimanfaatkan melayani masyarakat. Orang dari Kementerian Dalam Negeri sangat siap dan mau membantu mengatasi persoalan di Malaka untuk memperbaiki server yang rusak. Kami juga usulkan sebaiknya pihak kementerian saja yang datang ke Malaka, namun mereka mengatakan sebaiknya diperbaiki di Jakarta agar memudahkan dalam pengadaan suku cadang yang dibutuhkan.

Kedepan, tambahnya, dalam APBD Kabupaten Malaka 2017 akan usulkan juga supaya kalau bisa pemerintah bisa mengadakan alat pencetakan KTP guna percepatan pelayanan kepada masyarakat. Berapapun uangnya, pasti Komisi I mendukung karena bertautan dengan kebutuhan dasar masyarakat.

“Kita juga akan berdiskusi dengan pemerintah supaya melalui ADD setiap desa bisa mengadakan alat perekam dan pemotretan KTP-e, sehingga kegiatannya bisa dilakukan di desa tanpa harus merepotkan masyarakat. Sedangkan untuk aktifasi KTP bisa dilakukan secara terpusat di Dispendukcapil . Kita juga mendukung anggaran untuk pelatihan bagi teknisi agar dilatih hingga mahir supaya bisa melakukan tugas itu di desa,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top