EKONOMI

Pemerintah Kecamatan Malbar Siapkan Pasar Kain Tenun

BETUN, Kilastimor.com-Kecamatan Malaka Barat mendorong pengembangan kerajinan tenun ikat bagi kelompok-kelompok pengrajin yang terebar di setiap desa. Kelompok pengrajin itu akan didampingi Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa guna meningkatkan ekonomi masyarakat.
Hasil produksi berupa kain tenunan akan dipasarkan ke masyarakat.
Pemerintah kecamatan akan menyiapkan tempat untuk memajang hasil produksi di kecamatan agar mudah dicari dan dikenal masyarakat luas.

Efraim Bria Seran

Efraim Bria Seran

“Kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan tim Penggerak PKK dan desa guna merealisasikan rencana itu. Untuk kesinambungan usaha tenun ikat maka desa akan mengalokasikan anggaran melalui ADD guna pengembangan tenun ikat di wilayahnya masing-masing,” kata Camat Malaka Barat, Efraim Bria Seran kepada wartawan disela acara pelatihan Pencelupan tenun ikat oleh Bagian Ekonomi Setda Malaka bagi warga Malaka Barat di Besikama, Rabu (31/8/2016).

Pemetintah sangat mendukung program yang dilaksanakan Bagian Ekonomi Setda Malaka berupa pelatihan pencelupan benang karena sangat dibutuhkan warga untuk meningkatkan pengetahuannya terkait pengerjaan kerajinan tenun ikat disetiap desa.

“Ini kegiatan positif yang perlu didukung karena sangat membantu pengrajin meningkatkan kualitas pekerjaannya. Kita sudah meminta kepada desa agar mengalokasikan dana ADDmelalui pos pemberdayaan guna mendukung kelompok pengrajin tenun ikat disetiap desa,” terangnya.

Pewarnaan benang

Pewarnaan benang

Kasubag Produksi Daerah Bagian Ekonomi Setda Malaka, Yulius F. Kelly secara terpisah kepada wartawan mengatakan dalam tahun 2016 pihaknya melakukan kegiatan pelatihan pada warga tiga kecamatan yaitu Kecamatan Malaka Barat, Wewiku dan Kecamatan Malaka Tengah dengan target 5 kelompok dalam satu kecamatan dengan total peserta yang ditargetkan 100 orang per kecamatan.

Baca Juga :   Lenovo Luncurkan Ponsel Pintar Vibe Shot

Yulius mengatakan dalam pelatihan pencelupan benang itu pihaknya menyiapkan modul, bahan, alat tenunan serta obat-obatan. Dengan alat itu para pengrajin bisa bekerja lebih cepat danbisa menghasilkan kualitas pekerjaan yang lebih baik.

Kualitas pencelupan benang ditentukan dari tahapan pembuatan dan takaran obat satu dengan yang lainnya harus pas dan cara mencampurnya harus benar agar bisa menghasilkan kualitas benang yang optimal. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top