RAGAM

Pemerintah Optimalkan Sumber Daya untuk Bangun Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka akan memanfaatkan berbagai sumber daya sebagai modal utama membangun Malaka guna meletakkan fondasi yang kokoh dan dinamis bagi masyarakat Kabupaten Malaka. Pemerintah akan mengimplementasikannya melalui berbagai program yang pro rakyat. Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran disela acara Perayaan HUT ke 71 Kemerdekaan RI di Betun, Rabu (17/8/2016).

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Bria Seran mengatakan Kabupaten Malaka yang terbentang dari fehan sampai ke Foho merupakan daerah yang sangat subur. Karena itu, harus gunakan semua sumber daya di Kabupaten ini menjadi modal utama untuk meletakkan fondasi yang kokoh dan dinamis bagi masyarakat Kabupaten Malaka, menjadi masyarakat yang sejahtera.

Membangun fondasi yang kokoh dan dinamis dilakukan melalui peningkatan kapasitas SDM, peningkatan kualitas sumber daya aparatur, mengoptimalkan potensi daerah, peningkatan infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan ekonomi yang berbasis keluarga dan kita susun tata ruang Kabupaten Malaka untuk dijadikan fondasi yang kokoh dan dinamis.

Dikatakan, fondasi yang kokoh sebagai hal pertama dan terutama dalam pembangunan hanya bisa terwujud kalau Kabupaten Malaka memiliki kualitas SDM yang mampu melaksanakan tugas tersebut dengan sebaiknya. “Kita sadari bahwa SDM yang berkualitas merupakan ujung tombak dalam seluruh dinamika pembangunan Kabupaten Malaka. Kita sadari bahwa SDM kita saat ini sangat terbatas namun kita yakin dengan semangat membangun daerah ini kita akan melaksanakan penugasan itu dengan sebaiknya,” bilang dia.

Baca Juga :   KPU: SBS -DA Resmi Terdaftar dan Sah Didukung Empat Parpol

Membangun fondasi yang kokoh di Malaka sebagai DOB harus dilakukan dengan memaksimalkan semua potensi yang dimiliki. Bentangan alam, tanah yang subur, ribuan hektar hamparan sawah dengan air yang limpah menjadi modal utama mengembangkan pertanian sebagai salah satu fondasi menuju kemandirian ekonomi masyarakat. Gerakan revolusi pertanian yang dicanang pemerintah berfokus pada peningkatan produktifitas melalui intensifikasi, ekstensifikasi dan mekanisasi pertanian yang lebih modern sehingga hasil pertanian bisa diperoleh dengan nilai jual yang tinggi. Sejak dahulu kala nenek moyang kita dikenal sebagai pekerja keras. petani yang ulet.
Melalui gerakan revolusi pertanian cara bertani yang tradisional akan kita kembangkan menjadi lebih modern.

Kabupaten Malaka telah mencanangkan gerakan revolusi pertanian karena menyadari rakyat Malaka berpijak pada tanah yang subur dan kaya akan hasil buminya. Pemerintah menyadari bahwa dari tanah itu sudah menghasilkan banyak orang Malaka yang sukses di kancah lokal, regional, nasional dan internasional dengan mengandalkan pertanian. Kesadaran itulah yang sedang dibangkitkan kembali sebagai basis ekonomi masyarakat menuju kehidupan sejahtera dengan mengadopsi inovasi baru untuk meningkatkan produktifitas dan produksisehingga bukan mustahil satu saat nanti Malaka akan menjadi lumbung pertanian yang hasilnya akan bersaing di tingkat regional, nasional dan internasional.

SDM dan SDA yang dimiliki di Malaka terus ditingkatkan dan dikelola secara maksimal. Dibidang kesehatan pemerintah telah menjalankan program pengobatan yang ditanggung pemerintah daerah bagi masyarakat yang tidak memiliki Jaminan kesehatan. Dengan memiliki KTP e nasional yang dikeluarkan pemda Belu beralamatkan Malaka atau KTP yang dikeluarkan pemkab Malaka. Pemerintah memberikan perhatian serius terhadap masalah kesehatan karena kunci kelancaran semua aktifitas masyarakat jika memiliki kesehatan yang baik. Tidak ada orang sakit atau lemah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Sarana prasarana kesehatan ditingkatkan, penataan sistim pelayanan kesehatan akan dilakukan dengan baik untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih optimal kepada rakyat. Dibidang pendidikan kita tingkatkan mutu dan jumlah endidik serta mengutamakan pemenuhan sarana prasarana pendidikan sehingga kualitas pendidikan kita bisa baik. (boni)

Baca Juga :   Fary Francis Jabat Ketua Fraksi Gerindra di MPR

Balas Balas ke Semua Teruskan Lebih lanjut
Klik kepada Balas, Balas Semua atau Teruskan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top