RAGAM

Pemkab Malaka Libatkan Polisi Awasi Dana Desa

BETUN, Kilastimor.com-Pihak kepolisian akan diminta mengawasi pelaksanaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) sehingga dapat dimanfaatkan sesuai peruntukannya. “Kita akan libatkan pihak kepolisian untuk melakukan pendampingan karena dicurigai banyak penyalahgunaan dana desa dan ADD serta tidak sesuai peruntukan. Kita sudah setting agar setiap bulan ada rapat evaluasi di setiap kecamatan untuk mereview pemanfaatan ADD yang dihadiri pihak kabupaten seperti BPMPD, Inspektorat dan Kepolisian maupun instansi terkait lainnya. Wakil Bupati Malaka akan hadir juga memantau langsung di lapangan sehingga bisa dikendalikan. Kita baru melakukan rapat koordinasi dengan KPK di provinsi dan sangat dianjurkan hal itu dilakukan di kabupaten,” kata Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran di Haitimuk, Minggu (14/8/2016).

ADD

ADD

Ditegaskan, ada tiga item yang harus dikawal yakni dalam hal perencanaan harus sesuai harapan dan kebutuhan masyarakat. Kedua, pelaksanaan supaya transparan dan sesuai perencanaan yang dilakukan dan ketiga, perlu dievaluasi apakah pelaksanaannya sesuai atau tidak dan dapat dipertanggungjawabkan. “Kita mau supaya uang rakyat yang ada di desa itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat desa, dan tidak disalah gunakan untuk kepentingan lain. Pemerintah tidak akan main-main dengan ADD, karena hal itu sudah ditegaskan KPK dalam rapat pertemuan dengan Kepala Daerah di Kupang belum lama ini.

KPK sudah menegaskan supaya perizinan tidak dipersulit Pemerintah Kabupaten. Pemerintah akan memiliki standart mutu kerja terkait pelayanan perizinan. Intinya semua perijinan harus dipermudah sebagai salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat. Khususnya dibidang ketenagakerjaan ditegaskan supaya diurus dengan baik agar tidak ada biaya siluman yang terlalu banyak. Kita akan melakukan pengawasan supaya tenaga kerja kita yang bekerja diluar daerah harus legal untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. (boni)

Baca Juga :   SBS-DA Carikan Solusi Permanen Bagi Warga Eks Tim-Tim
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top