RAGAM

Pemkab Malaka Setting 17 Agustus Jadi Pesta Rakyat. Januari 2017, Bupati Pimpin Panitia HUT RI

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka menjadikan Perayaan HUT Kemerdekaan RI setiap 17 Agustus menjadi pesta rakyat. Mulai 1 Januari 2017, Pemerintah akan melakukan rapat koordinasi dengan berbagai stake holder agar sejak dini, demi mempersiapkan dan mensetting perencanaan perayaan 17 Agustus 2017. Hal ini dibuat, agar benar-benar menjadi pestanya rakyat.

Resepsi Kenegaraan di Malaka.

Resepsi Kenegaraan di Malaka.

Tahun ini telah banyak kegiatan yang dilakukan dan mendapat respons positif masyarakat. Tahun depan, akan atur lebih baik agar perayaan HUT Kemerdekaan RI bisa dirayakan secara meriah dengan melibatkan partisipasi masyarakat Malaka agar benar-benar menjadi pestanya rakyat. Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat pelaksanaan resepsi kenegaraan di Haitimuk, Rabu (17/8/2016).

Dalam tahun ini, semua melihat kalau masyarakat Malaka sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan dibidang olah raga dan kesenian. Mereka sangat menikmati berbagai kegiatan dan mereka sangat terhibur. Kalau moment 17 Agustus itu dikemas secara baik, maka akan menjadi sarana hiburan rakyat yang baik. “Kita akan setting itu agar pelaksanaan tahun depan bisa melibatkan masyarakat lebih luas,” katanya.

Dalam kegiatan lomba gerak jalan bila dilaksanakan secara baik, maka akan memberikan efek yang baik bagi peserta lomba. Gerak jalan yang dikemas itu ada efeknya. “Kita mau beritahukan kepada masyarakat bahwa untuk mencapai garis finis, kita butuh kerja keras, perjuangan dan membutuhkan kerja sama dengan tim lain. Dalam lomba gerak jalan 45 km misalnya, ada tim yang baris mengikuti lomba tetapi ada pula tim yang mensuport seperti menyiapkan P3K, air minum bahkan musik untuk menambah semangat juang sehingga bisa mencapai finish. Itu sangat luar biasa karena bisa memberikan motivasi. Kalau ada orang yang melihat dari kaca mata minus, tolong diterangkan supaya mereka paham. Orang seperti itu tidak cocok hidup di Kabupaten yang baru tumbuh. Tolong sampaikan bahwa bupati yang bilang. Karena itu menumbuhkan semangat perjuangan,” ujarnya.

Baca Juga :   PDUI NTT Bantu Telur dan Masker Bagi Empat Puskemas di Kota Kupang

Disebutkan, dirinya mendapatkan laporan saat pelepasan gerak jalan di Alkani oleh Wakil Bupati Malaka bahwa masyarakat disana mengatakan, betul sudah kami sudah merdeka karena bisa merasakan kemeriahan 17 Agustus ini karena orang satu kabupaten bisa berkumpul di desa kami. Bahkan ada salah satu kades dari kabupaten tetangga datang dan mengatakan kami belum pernah menyaksikan seperti ini,” ujar Bria Seran menirukan penyampaian Wabup.
Karena kearifan lokal, Pak wakil meminta kesempatan kades melepas tim gerak jalan di garis start. “Ini sangat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita. Tahun depan kita akan diatur lebih bagus lagi. Bukan untuk huru hara tetapi kita akan menumbuhkan semangat karena tugas pemerintah memberikan motivasi kepada masyarakat melalui pekerjaan kecil yang dilaksanakan untuk mendorong kepentingan masyarakat,” tegasnya.

“Tadi siang, Masyarakat Malaka sangat antusias menonton pertunjukan display drumband, kesenian rakyat, kegiatan olah raga volly dan sepak bola ditengah teriknya matahari hingga bubarnya acara. Rakyat sangat menikmatinya sebagai hiburan rakyat . Itu menunjukkan bahwa rakyat Malaka membutuhkan hiburan. Tahun depan, mulai januari kita akan rapat pembentukan panitia yang langsung dipimpin Bupati untuk mengarahkan dan menyiapkan rencana kegiatan 17 Agustus dengan membahas semua indikator pelaksanaan kegiatan itu, supaya dapat berjalan sesuai rencana dan harapan bersama,” terangnya.

Pemerintah juga memberikan apresiasi kepada tim pelatih dan Paskibra karena sudah menjalankan tugas dengan baik. Pemerintah memberikan apresiasi secara khusus karena anak-anak Paskibra dalam satu bulan saja mereka sudah ditata dan dalam penamilan tadi sangat luar biasa terlihat seperti perwira muda yang mau dilantik. “Latihannya memang berat dan terkadang saya muncul disana untuk memberikan semangat dan motivasi. Anggota Paskibra akan menjadikan moment tahun ini sebagai sebuah kebanggaan karena bisa mendapat kesempatan tampil. Anda kedepan akan menceritakan kepada anak cucu bahwa pernah menjadi anggota Paskibra Malaka. Ini sebuah kebanggaan yang bisa diceritakan kepada anak cucu. Tidak semua remaja mendapatkan kesempatan seperti itu,” tuntasnya. (boni)

Baca Juga :   F-PDIP Tolak Bahas Dua Ranperda dan Tatib DPRD Malaka
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top