RAGAM

Pers dan Pemerintah Merupakan Sahabat. Bupati Malaka: Silahkan Angkat Persoalan Ditengah Masyarakat

BETUN, Kilastimor.com-Keberadaan pers harus bisa mendukung akselerasi dan percepatan pembangunan. Malaka adalah kabupaten baru yang sementara membangun, menata diri. Kehadiran pers harus bisa mendorong upaya-upaya konstruktif untuk pelaksanaan penataan pembangunan. Pemerintah sangat menyadari pentingnya pers sebagai sarana informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat, sehingga dalam aktifitasnya pers harus benar-benar bekerja untuk kemajuan masyarakat.

Bupati, Wabup, Sekda, Asisten I, Plt Inspektur Inspektorat dan Camat Malaka Tengah kenakan pin kejar WTP di Malaka.

Bupati, Wabup, Sekda, Asisten I, Plt Inspektur Inspektorat dan Camat Malaka Tengah kenakan pin kejar WTP di Malaka.

Dalam kerjanya, pers harus tetap independen dan bekerja secara profesional dengan mengedepankan kebebasan yang bertanggung jawab dan berpegang teguh pada kode etik jurnalistik. Harapan itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan saat membuka kegiatan pembahasan RPJMD Kabupaten Malaka di Betun, Rabu (3/8/2016).

Pers harus menciptakan siituasi kondusif untuk percepatan pembangunan Malaka. “Kita ini daerah baru yang lagi menata pembangunan sehingga peranan pers sangat dibutuhkan. Pemberitaan tentang pembangunan harus membuat kesejukan bagi rakyat. Pemberitaan yang disajikan setidaknya harus mendorong upaya-upaya mempercepat akselerasi pembangunan. Pers jangan sajikan pemberitaan yang menggoncangkan rakyat, tetapi menyajikan fakta-fakta dan informasi pembangunan yang dibutuhkan masyarakat,” ungkapnya.

Pers jelasnya, tidak bisa diintervensi pemerintah karena dalam bekerja harus mengedepankan independensi. Sebagai sahabat baik pemerintah, pers harus menyajikan berita yang bebas dan bertanggungjawab untuk sebuah kemajuan dan perubahan yang lebih baik. Pers dalam menjalankan tugas dan fungsinya harus berdasarkan prinsip-prinsip dasar kebebasan pers yang bertanggung jawab dan menjunjung tinggi kode etik jurnalistik.

Baca Juga :   Revolusi Pertanian Malaka Sesuai Grand Desain

Sebagai sahabat, pemerintah tidak alergi dengan keberadaan pers. Banyak persoalan pembangunan perlu dicuatkan ke permukaan untuk diketahui publik, agar mendapatkan pemahaman yang benar tentang apa yang dilakukan. “Kita sangat mendukung pers yang dalam pekerjaannya membuka ruang bagi percepatan pembangunan di Malaka. Selain masyarakat bisa mendapatkan pemahaman yang baik dan benar melalui pemberitaan yang disajikan, pers juga bisa mempengaruhi opini publik untuk mendukung pembangunan yang sementara ditata.

Selain memberikan informasi yang aktual, pers juga harus bisa melakukan kontrol melalui pemberitaan yang berimbang dan ada solusi yang ditawarkan. Mekanisme kontrol dalam dunia pers sangat dibutuhkan dalam hal perbaikan kinerja asalkan dilakukan secara baik dan bertanggungjawab untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik.

Malaka sebagai Kabupaten Perbatasan perlu mendapatkan perhatian media. Kawasan perbatasan oleh pemerintah pusat mau ditata menjadi show window-nya Indonesia di perbatasan. Pers harus melihat hal itu sebagai peluang untuk melakukan pemberitaan karena melalui aktifitas media berbagai persoalan di wilayah perbatasan dapat diketahui publik dalam waktu yang relatif cepat, sekaligus informasi dari media bisa dimanfaatkan berbagai stake holder melakukan intervensi untuk membangun kawasan perbatasan kedepan. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top