RAGAM

Petugas Linmas Bisa Dioptimalkan untuk Sukseskan Program Pemkab Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Petugas Linmas yang tersebar di berbagai desa bisa difungsikan untuk mengontrol pelaksanaan lima program Prioritas Bupati dan Wakil Bupati Malaka. Pemda bisa memanfaatkan tenaga Linmas melakukan pengontrolan terhadap pelaksanaan kegiatan revolusi pertanian yang menyebar di berbagai desa. Kalau pemerintah bisa menugaskan dan memberdayakan mereka, selain mengamankan hasil pembangunan di desa, maka mereka juga bisa melakukan fungsi pengawasan terkait pelaksanaan lima program prioritas Bupati khususnya pelaksanaan revolusi pertanian.

Remiguius Bria Seran

Remiguius Bria

Pengawasan terhadap pelaksanaan revolusi pertanian di setiap desa bisa optimal jika memanfaatkan tenaga linmas untuk melakukan fungsi pengawasan. Hal itu disampaikan Kasi Trantib Kecamatan IO Kufeu, Remigius Bria kepada wartawan usai melakukan rapat koordinasi lintas sektor di Kantor Camat Io Kufeu belum lama ini.

Remi, begitu panggilan akrabnya mengatakan pihaknya sudah menyampaikan pemikiran itu melalui rapat di Kecamatan dan mendapat respon positif. Menurutnya, pemikiran itu merupakan usulan dengan memperhatikan faktor pengawasan terhadap berbagai potensi dan pembangunan yang menyebar di berbagai desa dan Kecamatan. Proses dan hasil pembangunan dipastikan harus baik dan mememberikan asas manfaat bagi masyarakat melalui pengawasan berjenjang hingga setiap desa.

Pemerintah bisa melakukan pelatihan kepada para linmas. Melalui pelatihan itu mereka cukup gesit sehingga bisa melakukan tugas dengan baik di desa termasuk melakukan fungsi pengawasan khususnya pada program pelaksanaan revolusi pertanian yang menyebar di setiap desa. Dalam melaksanakan tugas, Linmas bertanggung jawab langsung kepada Bupati dan wakil Bupati Malaka. Mereka diberi akses untuk melakukan fungsi pengawasan dan bisa melakukan kontrol terhadap pekerjaan camat, desa dan aparatnya dan ASN yang bertugas di desa-desa yang dalam tugasnya langsung melakukan akses dengan bupati dan wakil Bupati Malaka. Dari aspek pendanaannya bisa menggunakan ADD kalau memang regulasinya memungkinkan.

Baca Juga :   Hari Ini, Bank NTT Panen Hadiah di TTU. Disusul Ende dan Alor

Menurut dia, khususnya daerah Kecamatan Io Kufeu ada bebera desa yang perlu mendapatkan pengawasan terutama bagi desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten TTU dan TTS yang rawan pencurian sangat dibutuhkan pengawasan yang baik. Bila disetujui, linmas yang ditugaskan bisa mengawasi keluar masuknya warga pada desa-desa batas Kabupaten. Untuk itu perlu penguatan kapasitas linmas. Kita sarankan satu desa lima orang untuk melakukan pengecekan dan pengawasan kepada setiap warga yang keluar masuk desa. Mereka diberi akses melakukan komunikasi dan melaporkan kejadian-kejadian penting kepada stake holder terkait sehingga kantibmas di wilayah itu bisa terjamin. Ada empat desa di Batas Kabupaten yakni desa Raimea, Bani-Bani, Tunabesi dan Kufeu. Pengamanan disini perlu diperketat guna menciptakan situasi kantibmas di perbatasan yang lebih kondusif. ( boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top