RAGAM

PKK Merupakan Mitra Pemerintah Membangun Malaka

BETUN, Kilastimor.com-PKK Kabupaten Malaka harus menjadi mitra pemerintah untuk mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Malaka. Oleh Karena itu, PKK harus mengetahui visi-misi dan program pemerintah sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan di Kecamatan dan desa. Untuk itu, PKK harus satukan persepsi dan langkah untuk mewujudkan visi-misi dan program pemerintah untuk percepatan kesejahteraan rakyat. Hal itu disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malaka, Beatix Yasinta Tae Bria Seran saat melantik Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Malaka di Betun, Senin (15/8/2016).

Ketua TP PKK Malaka melantik istri para camat sebagai Ketua TP PKK Kecamatan.

Ketua TP PKK Malaka melantik istri para camat sebagai Ketua TP PKK Kecamatan.

Beatrix mengatakan, pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK tingkat Kecamatan sangat penting diperhatikan karena ber peran penting memajukan daerah ini. Pergantian Camat otomatis akan terjadi pergantian Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan karena melekat pada istri camat, kecuali camatnya belum berkeluarga akan ditunjuk orang lain di kantor untuk menjalankan tugas.

Jabatan Ketua Tim Penggerak PKK di Kecamatan ujarnya, bukan pilihan tetapi amanah yang harus dilaksanakan. Ini bukan soal suka dan tidak suka, mau atau tidak mau, bisa atau tidak bisa. Menjadi istri camat harus menjalankan amanah sebagai pendamping suami yang baik, yang menerima tugas dan tanggung jawab sebagai pemimpin di kecamatan. Pelantikan ini merupakan penguatan kelembagaan organisasi PKK di kecamatan secara berjenjang untuk memberikan sentuhan baru yang kreatif dan inofatif terhadap pelaksanaan program kerja PKK, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan dan desa.

Baca Juga :   Kota Kupang Zona Merah COVID-19, Warga Belu Diminta Waspada

Melalui pelantikan ini jelas dia, akan memberikan penyegaran dan motivasi bagi pengurus PKK untuk melaksanakan program PKK dalam masyarakat. PKK Kecamatan adalah mitra kerja pemerintah sehingga semua pengurus dan anggota PKK harus mengetahui visi-misi Pemerintah Kabupaten Malaka sebagai pedoman untuk melaksanakan program kegiatan PKK dari desa, Kecamatan yakni meletakkan fondasi yang kokoh dan dinamis untuk mencapai masyarakat Malaka yang sejahtera.

Untuk itu, dia meminta silahkan kembali ke desa dan kecamatan dan aktifkan pengurus yang ada, terutama kelompok dasawisma di RT/RW sebagai ujung tombak tim penggerak PKK. Kalau kelompoknya belum ada supaya dibentuk. Masyarakat sebagai subyek pembangunan sehingga perlu dibina para kader agar terciptanya partisipasi masyarakat dalam setiap kegiatan PKK di Kecamatan dan desa. Tujuan akhir kegiatan PKK adalah pemberdayaan keluarga, sehingga diharapkan camat, SKPD perlu membuka ruang dan memberikan kesempatak kepada PKK untuk tumbuh dan berkembang di setiap desa dan kecamatan.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dalam kesempatan yang sama mengatakan salah satu visi misi pemerintah Kabupaten Malaka adalah pemberdayaan ekonomi yang berbasis keluarga. Kalau rakyat kita kuat dan keluarga kuat maka Kabupaten Malaka akan kuat. “Tanah kita sangat subur sehingga kita harus optimalkan pemanfaatan potensi itu untuk mensejahterakan masyarakat,” paparnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top