HUKUM & KRIMINAL

Agen Konsulat RDTL Atambua Belum Terima Surat dari Pemkab Belu. Teme: Tiga Warga RDTL Diproses Hukum di Indonesia

ATAMBUA, Kilastimor.com-Agen Konsulat RDTL di Atambua belum menerima surat dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belu terkait dua warga Belu yang ditangkap polisi Timor Leste, saat transaksi senapan angin illegal di sungai Malibaka, beberapa waktu lalu.

Teme

Cipriano Manca Teme

Perwakilan Agen Konsulat Timor Leste di Atambua, Cipriano Manca Teme kepada media ini, Selasa (13/9/2019) mengemukakan, sampai dengan hari ini, surat permintaan fasilitasi pendampingan dari Pemkab Belu terhadap dua warganya, masing-masing, Benyamin Bere dan Sisilia Koe yang ditahan polisi Timor Leste, belum diterima pihaknya di Atambua.

“Kita siap tunggu surat dari Pemkab Belu. Kalau suratnya ada akan kita tindaklanjuti dan kirim ke instansi terkait di Dili untuk lakukan fasilitasi,” ungkap Teme.

Dia menuturkan, untuk saat ini kedua warga Belu pelaku penjualan senapan angin illegal sebanyak 30 pucuk di kali Malibaka, sudah diproses hukum di Pengadilan Timor Leste dan sementara ditahan di Gleno, Ermera.

“Kita belum dapat info lanjut, tapi mereka ditahan sementara di Gleno, untuk diproses lebih lanjut. Kita tunggu suratnya saja, kalau sudah ada tentu kita akan bantu fasilitasi seperti apa akan kita lakukan,” kata Teme.

Ditambahkan, saat ini juga ada tiga warga Timor Leste yang tengah diproses hukum dan ditahan di Atambua. Akapitu Ramos ditangkap terkait kasus penyelundupan BBM melalui pantai Atapupu. Kristiano Oki (mahasiswa) ditahan terkait kasus kecelakaan dan Osorio Marcal Caentani de Jesus kini dititip di Lapas Atambua terkait kasus pelintas illegal dari Sakato yang ditangkap di Mota’ain.

Baca Juga :   Hadapi Pilkada TTU, Agus Talan Terus Berupaya Bangun Koalisi Partai

“Ketiganya lagi ditahan, dan kami selalu jenguk mereka. Kami hargai dan taat terhadap penegakan. Kami serahkan ke Pemerintah Indonesia untuk diproses lebih lanjut sesuai aturan hukum yang berlaku,” ujar Teme. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top