EKONOMI

Amankan Aset Tahap II, Pemda Malaka Koordinasi dengan Belu. Tiga ASN Belu belum Kembalikan Aset Pemda Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka sementara melakukan koordinasi untuk penyerahan aset tahap II dari Pemda Belu ke Malaka.

Donatus Bere

Donatus Bere

Untuk penyerahan aset tahap satu sudah dilakukan. Hanya tertinggal tiga unit sepeda motor bawaan Belu yang dibawa pulang ASN Malaka saat pindah kembali ke Kabupaten Belu. Aset berupa sepeda motornya belum diserahkan ke Malaka. Apabila tiga sepeda motor itu fisiknya tidak diserahkan ASN, maka Pemda Malaka akan meminta Pemda Belu supaya aset itu secara administrasi dikembalikan ke Pemda Belu dan akan menjadi asetnya Pemda Belu.

“Hal itu perlu agar ada kepastian status hukum aset yang bersangkutan dan tidak menjadi masalah dikemudian hari,” bilang Sekda Malaka, Donatus Bere, SH kepada wartawan di Betun, Rabu (7/9/2016).

Bere mengatakan, sesuai mekanisme pihaknya telah melakukan komunikasi secara tertulis dengan Pemda Belu terkait penyerahan aset tahap II, dan diharapkan bisa dilakukan sesuai rencana. Peyerahan aset tahap II itu berupa aset yang bergerak dan tidak bergerak. Penyerahan itu tidak sulit karena secara de facto aset itu sudah ada di Malaka, sehingga penyerahannnya hanya berupa administrasi sehingga status hukum aset itu bisa jelas dan memiliki kepastian hukum.

Menurut Bere, Pemerintah sudah melakukan komunikasi dengan Pemda Belu melalui surat dan melakukan komunikasi secara lisan melalui telepon dengan pemerintah setempat. Dari hasil komunikasi, Pemda Belu sebagai kabupaten Induk cukup responsif. Mereka masih menyiapkan administrasi penyerahannya kepada Pemda Malaka. “Kita dari Malaka prinsipnya siap menerima penyerahan aset tahap II. Kita tunggu saja, kalau Pemda Belu sudah siap menyerahkan maka kita siap menerimanya,” timpalnya.

Baca Juga :   Sambut HUT ke 3, Mariagge Encounter Atambua Gelar Jalan Sehat

Terkait sisa penyerahan aset berupa tiga buah sepeda motor yang sudah dihibahkan tetapi dibawa pulang ASN saat pindah kembali ke Belu, Sekda Bere mengatakan selama ini pihaknya sudah melakukan komunikasi yang baik dengan Pemda Belu dan sudah banyak aset sepeda motor yang dibawa pulang ASN ke Belu, sudah dikembalikan ke Malaka. “Tiga sepeda motor itu kita sudah minta tetapi belum diserahkan. Kalau memang masih ada kesulitan kita akan komunikasikan dengan Pemda Belu agar aset itu dikembalikan atau diserahkan kembali saja ke Belu karena barangnya saat ini masih berada di Belu. Kita tinggal membangun komunikasi agar aset itu dikembalikan secara administrasi sehingga ada kepastian hukum terkait keberadaan aset tersebut. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top