RAGAM

Balai Besar Pelatihan Penternakan NTT Dampingi Petani Enam Kabupaten

BETUN, Kilastimor.com-Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang, Provinsi NTT akan mengawal petani dan penyuluh pertaian di enam Kabupaten di Provinsi NTT. Adapun enam kabupaten itu antara lain, Kabupaten Malaka, Belu, TTU, TTS, Alor dan Sumba Timur. Kehadiran balai di enam kabupaten itu untuk memberikan pendampingan dan penyegaran baru serta meningkatkan SDM petani penyuluh dan penyuluh.
Balai Besar akan mengawal program penanaman serentak tanaman padi pada enam kabupaten yang ada. Hal itu disampaikan Staf Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang, Petrus Nenu kepada wartawan disela acara pencanangan Penanaman serentak yang digelar TNI dan Pemda Malaka di Haitimuk-Kecamatan Weliman, belum lama ini.

Petrus Nenu

Petrus Nenu

“Tugas kami mendampingi enam kabupaten di NTT di Malaka, Belu, TTU, TTS, Alor dan Sumba Timur dalam program penanaman serentak yang yang digelar TNI,” tuturnya.

Diharapkan melalui pendampingan yang dilakukan, kinerja petani dan penyuluh semakin meningkat kedepan. Support yang dibangun TNI, Polri setempat dan dinas teknis terkait, bisa memberikan penyegaran dan motivasi baru bagi petani agar keberhasilan ditingkat petani dari tahun ketahun semakin meningkat.

Tindak lanjut Balai, paparnya, akan turun langsung ke lapangan memberikan pelatihan dan pendampingan bagi petani agar memiliki keterampilan dalam bertani. “Kita inginkan SDM petani kita semakin meningkat dan wawasan mereka selalu bertambah dari waktu ke waktu,” sergahnya.

Baca Juga :   Pemkab Malaka akan berkolaborasi dengan BWS Tangani Banjir

Kadis Pertanian Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan mengatakan persoalan ethos kerja petani kedepan perlu mendapatkan perhatian serius untuk diubah melalui hal-hal nyata.
Ethos kerja petani merupakan tantangan yang harus dijawab penyuluh pertanian di lapangan. Penyuluh pertanian kita perlu memberikan contoh konkrit dan hal-hal praktis terkait teknik pertanian yang baik dan menguntungkan petani. “Petani kita condong melihat bukti, baru kerja terutama yang berhubungan dengan inovasi-inovasi baru dibidang pertanian,” paparnya.

Perhatian Pemda sangat besar dibidang pertanian dengan menjadikan pertanian menjadi salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Malaka. Bupati juga sangat responsif terhadap pembangunan SDM penyuluh pertanian dan masyarakat tani dengan mengagendakan proses pembelajaran bagi petani dan penyuluh baik didalam dan diluar kabupaten Malaka. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top