EKONOMI

Bank NTT Ruteng, Ende dan Lewoleba jadi Kantor Kas Titipan BI

ATAMBUA, Kilastimor.com-Setelah dibukanya kas titipan di Kantor Bank NTT Cabang Atambua, giliran Bank Indonesia (BI) akan membuka lagi tiga kas titipan di Bank NTT Cabang Leoleba, Ruteng dan Ende.
Hal itu disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Propinsi NTT, Naek Tigor Sinaga disela-sela acara launching gerakan sapu uang lusuh di Kantor Bank NTT Cabang Atambua, Selasa (30/8/2016).

Kepala BI NTT dan Direktur Pemasaran Bank NTT serta Forkopimda Belu pose bersama.

Kepala BI NTT dan Direktur Pemasaran Bank NTT serta Forkopimda Belu pose bersama.

Menurut Sinaga, hinga saat ini kas titipan Bank Indonesia baru ada di Kantor Maumere, Waingapu dan Atambua. Merupakan suatu pekerjaan yang tidak mudah dan perangkat kas Atambua tunjukan peringkat yang baik.

“Fungsi dan tugas kas titipan hampir mirip dengan Bank Indonesia yang mana bisa melakukan penarikan dan pengedaran mata uang rupiah untuk diedarkan ke masyarakat,” ujar dia.

Dijelaskan, nantinya dengan kas titipan ini, dimana bank-bank bisa melakukan penarikan dan penyetoran uang untuk keperluan kebutuhan dalam pelayanan. Misalnya, bank-bank lain yang membutuhkan uang karena nasabah menarik uang tapi saldo tidak mencukupi bisa mengambil di kas Bank NTT.

“Jadi tidak perlu jauh-jauh ambil lagi ke Kupang, tapi ambil dekat-dekat yang sudah kami titipkan di Bank NTT Cabang Atambua,” papar Sinaga.

Ditambahkan, Kabupaten Belu memiliki potensi yang luar biasa, kabupatan yang masuk lima besar. Perkembangan perbankan sangat baik, tahun 2014 tumbuh mencapai 5,7% sedangkan tahun tahun lalu 5,45%. Simpana masyarakat di Belu meningkatnya sebankyak 16,7%. “Ini menunjukan peningkatan jauh dari propinsi NTT yang hanya capai 10,10%.

Baca Juga :   Warga Fatuketi, Belu, Gelar Ritual Adat Pembangunan Bendungan Rotiklot

“Saya sudah laporkan ke pimpinan BI akan dirikan kas titipan dan dalam waktu dekat akan didirikan tiga kas titipan kami akan lakukan peresmian kas-kas titipan di beberapa titik kantor cabang lain,” sebut dia.

Direktur Pemasaran Bank NTT, Eduardus Bria menuturkan, ini merupakan satu kepercayaan yang diberikan Bank Indonesia kepad Bank NTT dengan pembukaan kas titipan. Tidak saja kas titipan di Cabang Atambua, dalam waktu dekat BI juga akan membuka tiga kas titipan di Kabupaten Lembata, Ruteng dan Ende.

“Gedung tiga Lembata, Ruteng dan Ende baru dan siap menerima kas titipan BI. Mudah-mudahan dalam waktu singkat ini segera diresmikan tiga kas titipan itu. Kami akan menjaga kepercayaan ini dan akan memanfaatkan betul jasa ini untuk pelayanan,” pungkas Eduardus. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top