RAGAM

Cegah HIV/AIDS, 10 Puskemas di Kota Kupang Lakukan Screening bagi Ibu Hamil

KUPANG, Kilastimor.com-Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pasir Panjang berencana akan melakukan screening atau proses mengidentifikasi penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menjadi penyebab Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) kepada ibu hamil .

HIV/AIDS

HIV/AIDS

“Kami belum tahu pasti kapan pelaksanaan, namun yang pastinya sebanyak 10 Puskesmas termasuk kami di Puskesmas Pasir Panjang akan melakukan screening HIV/AIDS bagi ibu hamil, yang datang memeriksa di Puskesmas nantinya,” kata Kepala Puskesmas Pasir Panjang,drg.Dian S. Arkiang melalui Penanggung Jawab Program IMS HIV, Anasia Ivona di Puskesmas Pasir Panjang ,Sabtu (10/9/2016).

Menurut Ivona, rencana screening HIV/AIDS bagi ibu hamil sesuai hasil rapat bersama sebanyak 10 Puskesmas yang dilakukan belum lama ini.

“Upaya yang dilakukan Puskesmas ini dalam rangka untuk melakukan pencegahan dan penanganan HIV/AIDS bagi ibu hamil, selain itu juga dalam menjalankan instruksi Pemerintah Kota Kupang sebagai Kota Kasih yang terbebas dari HIV. Walaupun diketahui ini adalah hal yang sangat sulit, tapi minimal perlu adanya upaya dalam melakukan pencegahan guna bisa membentengi kesehatan masyarakat secara dini mungkin,” kata Ivona.

Menurut Ivona, langkah pencegahan dan penanganan ini tentu hasilnya tidaklah dapat diperoleh secara cepat seperti membalikkan telapak tangan, namun hasilnya akan nampak pada 10 atau 20 tahun mendatang.

Ivona menyatakan, dalam pencegahan dan penanganan HIV/AIDS, telah dilakukan berbagai upaya yang dilakukan oleh Puskemas yang ada teramsuk di Puskesmas Pasir Panjang, salah satu yakni dengan membagi kondom secara gratis bagi pasien Infeksi Seks Menular ( IMS), dan ditambah beberapa program lain berupa sosialisasi bagi masyarakat baik ditingkat Posyandu maupun saat kunjungan rumah. (ify)

Baca Juga :   Ini Nama 7 Petinju Belu yang Siap Tampil Kejurnas Tinju Amatir Elite Man-Woman 2017 di Bangka Belitung
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top