EKONOMI

Debit Air Menurun, Hanya 250 Hektare Sawah yang di Tanam

BETUN, Kilastimor.com-Ribuan hektar lahan sawah di Kabupaten Malaka terancam tidak ditanam pada musim tanam II tahun ini, karena penurunan debit air di Saluran Irigasi Benenain. Debit air hanya tersisa 25 persen dari kondisi normal.

Pemerintah sudah menyampaikan kepada masyarakat petani, agar mengubah pola tanam dengan menanam tanaman lain selain padi. Dari irigasi sayap kiri dan kanan DAS Benenain, dari total lahan 14.600 hektare milik masyarakat, hanya bisa menanam 250 hektare dalam musim tanam kedua tahun 2016.

Yustinus Nahak

Yustinus Nahak

Langkah mengatasinya pemerintah minta masyarakat merubah pola tanam dengan menanam tanaman palawija. Dinas Pertanian sudah minta kepada Dinas PU agar melakukan survey guna pembangunan bank air di lahan persawahan masyarakat sebagai cadangan bila terjadi paceklik air irigasi.
Hal itu disampaikan Kadis Pertanian Malaka, Yustinus Nahak kepada wartawan disela acara penanaman serentak tanaman padi di wilayah desa Haitimuk-Kecamatan Weliman, Jumat (23/9).

Nahak mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada petani melalui petugas pertanian disetiap Kecamatan dan desa agar petani merubah pola tanam guna mengatasi kekurangan air irigasi Malaka. Itu solusi jangka pendek. Solusi jangka menengah, kita minta kepada dinas PU agar melakukan survey guna pembuatan bank air pada lahan pertanian masyarakat.

“KIta harus siapkan bank air . Kita sudah koordinasi dengan dinas PU melakukan survey untuk pembuatan bank air. Peluangnya cukup besar karena kita hanya butuh menggali 4 hingga 5 lima meter sudah mendapatkan air sebagai cadangan untuk membantu air irigasi,” tuturnya. (boni)

Baca Juga :   Komunitas Honda CB Sedaratan Timor Padati Pantai Motadikin
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top