RAGAM

Disnakertrans Malaka akan Tata Translok Uluklubuk

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka melalui dinas Nakertrans akan melakukan penataan terhadap lokasi Transmigrasi Lokal (Translok) Uluklubuk, di Desa Weoe-Kecamatan Wewiku. Dinas Nakertrans melalui UPTD masih melakukan pendataan persoalan dan kebutuhan warga transmigrasi agar dintervensi melalui program pemerintah.

Kepala Dinas Nakertrans Malaka pose bersama warga translok.

Kepala Dinas Nakertrans Malaka pose bersama warga translok.

Sesuai program pempus, translok Uluklubuk masih memerlukan pendampingan selama tiga tahun kedepan dari enam tahun yang ditetapkan. “Kita akan seting kalau bisa Translog Uluklubuk menjadi contoh dan model pengembangan translok terbaik di Kabupaten Malaka. Tahun ini kita akan lihat kembali usulan translok di desa Nanebot-Kecamatan Rinhat dan Desa Kapitan Meo-Kecamatan Laenmanen untuk dikembangkan menjadi translok tahun depan,” ungkap Kadis Nakertrans Kabupaten Malaka, Vinsen Babu kepada wartawan usai melakukan tatap muka dengan warga translok Uluklubuk-Desa Weoe-Kecamatan Wewiku, Jumat ( 2/9/2016).

Vinsen mengatakan dari kasat mata kita melihat banyak persoalan yang perlu mendapatkan penanganan di Translok Uluklubuk seperti air bersih, penerangan. Dibidang pendidikan tadi ada kekurangan RKB serta sarana perpustakaan dan laboratorium yang perlu diintervensi pemerintah. Daerah translok Uluklubuk memiliki potensi luas lahan yang bagus sehingga kalau disentuh dengan teknologi pengolahan lahan maka bisa mendorong usaha masyarakat dibidang pertanian. Lokasi itu sangat bagus untuk pengembangan dan budidaya ternak.

Saat ini, pihaknya masih lakukan pemetaan potensi dan persoalan serta kebutuhan warga trans Uluklubuk dan dari sana kita bisa masukkan dalam program kerja pemerintah baik untuk jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. UPTD sementara ini bekerja melakukan pemetaan serta menghimpun semua data yang diperlukan sehingga bisa dilaporkan kepada Bupati untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.

Baca Juga :   Pertahanan dan Keamanan Negara Tugas Seluruh Masyarakat Bukan Hanya Kemenhan dan TNI

Dalam rancangan, kalau bisa translok yang ada ditata dan kembangkan secara baik agar sesuai harapan pemerintah yakni mereka harus tumbuh menjadi warga yang mandiri dan sejahtera. Translok Uluklubuk harus ditata menjadi translok model bagi pengembangan translok di Kabupaten Malaka. Image translok sebagai tempat pembuangan harus diubah sebagai tempat mendapatkan berkat karena masyarakat akan hidup dalam satu tatanan kehidupan baru yang lebih baik dan teratur, untuk percepatan kesejahteraan warga transmigran. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top