RAGAM

DPRD Setujui Penambahan Teko oleh Pemkab Malaka. Ini Kata Devi Ndolu dan Doddy Tey Seran

BETUN, Kilastimor.com-Usulan Pemerintah Kabupaten Malaka untuk menambah Tenaga Kontrak (Teko) mendapatkan dukungan dewan, sejauh untuk melancarkan kerja perangkat daerah. Perekrutan teko harus transparan sesuai kriteria yag ditentukan dan jangan rekrut teko buta huruf.
Dewan meminta agar perekrutan teko memprioritaskan sarjana agar memiliki SDM yang baik. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Malaka, Devi H. Ndolu dan Doddy Tei Seran saat sidang II Paripurna DPRD Malaka di Betun, belum lama ini.

Devi H. Ndolu

Devi H. Ndolu

Ndolu mengatakan, pada dasarnya dirinya setuju teko ditambah kalau memang dibutuhkan daerah. “Saya setuju tetapi ada ada catatan kecil yang perlu diperhatikan. Pertama, kita mau rekrut dengan kriteria teko seperti apa. Jangan seperti perekrutan sebelumnya yakni merekrut teko yang buta haruf untuk jadi teko. Kalau bisa Perekrutan teko harus transparan dan sesuai kriteria yang ditentukan. Kedua, Penempatan teko harus sesuai kompetensi. Jangan sarjana pertanian tetapi ditempatkan di tempat lain, sehingga tidak boleh terjadi dan terulang kembali. Saya sepakat dengan pak bupati untuk perekrutan teko sesuai kebutuhan dan kompetensi yang dimiliki,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPRD Malaka dari Partai Hanura, Doddy Tei Seran dalam paripurna itu mengatakan sebaiknya pemerintah merekrut tenaga kontrak daerah dengan latar belakang sarjana, dengan pertimbangan banyak sarjana di Malaka masih menganggur. Menurut Doddy, perekrutan tenaga kontrak daerah dengan latar belakang sarjana akan meningkatkan SDM di Malaka. “Tukang sapu dan tenaga kebersihan dari sarjana juga boleh, sehingga mereka mendapatkan kesempatan bekerja di daerahnya sendiri. Kalau sarjana yang direkrut lebih keren dilihat dari SDM,” ujarnya.

Baca Juga :   FPK NTT Bantu 1.000 Masker untuk Masyarakat Kota Kupang

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dalam kesempatan itu mengatakan pemerintah akan memperhatikan permintaan dewan dalam perekrutan teko. Yang pasti kita akan merekrerut sesuai kebutuhan dan ketersediaan keuangan daerah. “Kita masih melakukan kajian kebutuhan. Terkait tenaga sarjana, Bria Seran mengatakan akan dikaji lagi. Yang jelas kita akan rekrut sesuai kompetensi dan kebutuhan. Kita rekrut juga dari SMA sesuai pekerjaan yang akan dikerjakan. Mereka semua anak Malaka, sehingga perlu diberi ruang dan kesempatan yang sama untuk membangun daerahnya sendiri melalui bidang tugas yang dipercayakan,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top