RAGAM

Hasilkan Pilkades Berkualitas, BPMPD Malaka Kerja Sama dengan KPU

BETUN, Kilastimor.com-BPMPD Kabupaten Malaka bekerjasama dengan KPUD Malaka menata proses pelaksanaan pilkades di Kabupaten Malaka. Kerja sama yang dilakukan saat ini, untuk membahas juknis, tahapan pilkades dan revisi Perbup. “Kita bahas bersama KPU karena mereka dinilai memiliki kompetensi dan sangat berpengalaman dalam pelaksanaan pikada. Kerja sama yang kita lakukan saat ini sifatnya koordinatif agar pelaksanaan pilkades di Malaka bisa tertata baik dan berjalan sesuai harapan. Kita sudah berproses beberapa hari dan menghasilkan draft juknis Pilkades, draft tahapan pilkades dan draft revisi Perbub. Dfrat itu dalam waktu dekat sudah diajukan ke Bupati untuk mendapatkan persetujuan,” bilang Kaban BPMPD Kabupaten Malaka, Agustinus Nahak kepada wartawan di Betun, Kamis (8/9-2016).

Agustinus Nahak

Agustinus Nahak

Agus mengatakan, sesuai arahan Bupati, langkah berkolaborasi dengan KPU itu sebuah terobosan untuk meningkatkan mutu pelaksanaan pilkades di Malaka. “Kita bekerjasama dengan KPU dalam menyiapkan segala sesuatunya karena bila disusun sendiri kurang lengkap. Orang KPU sangat berpengalaman dalam menyelenggarakan pilkada sehingga pengalaman mereka kita reduksi untuk pelaksanaan pilkades di Malaka. Dari hasil diskusi kita sudah hasilkan draft untuk segera dinaikkan ke Bupati. Sistem yang diterapkan dalam pelaksanaan pilkades cukup bagus. Kontrol admnistrasinya cukup baik. Setiap tahapan ada proses administrasinya. Kita akan naikkan ke Bupati dalam waktu dekat untuk mendapatkan persetujuan. Kita sudah selesaikan draft revisi Perbup, juknis dan tahapan pilkades. Kalau bupati sudah tanda tangan kita bisa lakukan sosialisasi,” timpalnya

Baca Juga :   Tugas dan Tanggung Jawab Tugas Kadis/Kaban dan KPA yang Dipisahkan Jelas

Agus mengatakan sesuai arahan Bupati bahwa proses pelaksanaan Pilkades harus baik dan bermutu sehingga harus ditata secara baik. Bupati minta kita seting bersama KPU agar pelaksanaan pilkades bisa berjalan baik, teratur dan berkualitas.

Ketika ditanya wartawan terkait progres pencairan ADD, Agus Nahak mengatakan dalam satu minggu kedepan pihaknya melakukan pemeriksaan teknis terhadap APBDes masing-masing desa. “Kita mulai sejak 5 September. Setiap hari pemeriksaan teknis itu dilakukan bagi dua kecamatan kecuali Kecamatan Malaka Tengah dan Kecamatan Rinhat masing-masing menggunakan satu hari untuk pemeriksaan karena jumlah desanya cukup banyak. Bagi Kecamatan dan desa yang sudah selesai pemeriksaan teknis maka bisa langsung menetapkan dan melakukan proses pencairan keuangan melalui PPKAD. Kita harapkan pemeriksaan teknis itu bisa dilakukan selama enam hari kerja bagi 12 Kecamatan di Malaka.

Sesuai perencanaan, APBDes 2017 akan kita bahas dalam tahun ini sekaligus dilakukan rapat evaluasi. Targetnya, Maret 2017 ADD tahap I sudah dilakukan pencairan sehingga tidak mengalami keterlambatan. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top