RAGAM

Jaga Keseimbangan Alam. Jangan Potong Pohon dan Buru Satwa Langka

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kondisi lingkungan saat ini memprihatinkan dan tidak seimbang. Atas kondisi ini, Wakil Bupati Belu J.T Ose Luan meminta masyarakat menjaga lingkungan hidup, karena sangat berguna bagi seluruh mahluk hidup yang ada dimuka bumi. Manfaatnya sangat besar untuk masyarakat, karena itu harus dilindungi.

Sosialisasi lingkungan hidup.

Sosialisasi lingkungan hidup.

Ose Luan mengemukakan hal itu usai membuka kegiatan penyuluhan peraturan perundangan-undangan bidang lingkungan hidup yang digelar Badan Lingkungan Hidup Belu, di Aula lantai I Kantor Bupati, Selasa (6/9).

Menurut dia, kegiatan penyuluhan peraturan perundang-undangan tentang lingkungan hidup adalah hal yang sangat penting. Penyuluhan harus dilakukan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup.

“Jadi penyuluhan tentang undang-undang ini sesuatu yang bagus. Ini hal baik, masyarakat bisa paham akan lingkungan hidup, sehingga bisa dijaga dan dilindungi dari pengrusakan,” ujar Ose.

Dikatakan, sosialisasi penting dilakukan agar semua menyadari, bahwa saat manusia tidak lagi menghargai lingkungan yang ada di sekelilingnya. Bahwa disana ada kehidupan lain selain manusia yakni pohon dan satwa.

Pohon dan satwa urainya, akrab dan memberikan tumpangan satu sama lain dalam satu lingkungan. Tapi justru manusia yang merusak, menebang pohon, memburu dan membunuh satwa. Perilaku ini harus segera ditinggalkan karena itu merusak lingkungan hidup.
“Dengan undang-undang ini kita sadar akan lingkungan, mencintai dan menghargai lingkungan,” tutur Ose.

Baca Juga :   BKKBN Tidak Melarang Kelahiran

Diharapkan, masyarakat harus sadar menanam, merawat dan melindungi pohon. Seluruh komponen harus berpartisipasi dalam menjaga dan melestrikan lingkungan hidup. “Agar generasi mendatang tidak menjadi korban dengan ulah dan perbuatan kita yang merusak alam,” pinta Ose.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri Pejabat perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Kepala Sub Direktorat Ekoregian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kaban BLH Belu, Pimpinan SKPD yang berkesempatan hadir, para Camat, Lurah, Tokoh adat dan masyarakat.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top