RAGAM

Kepala DPK: Ayo Makan Ikan agar Sehat, Kuat dan Cerdas

OELAMASI, Kilastimor.com-Kabupaten Kupang memiliki laut yang luas, dan punya potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar. Untuk itu, perlunya dijadikan ikan sebagai menu utama dalam setiap konsumsi rumah tangga sehari-hari.

Hal ini perlu, karena ikan memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Kabupaten Kupang sendiri, perlu memasyarakatkan gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan), sebagaimana program Kementerian Kelautan dan Perikanan.
Demikianlah sepenggal sambutan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kupang, Novita D.E. Foenay ketika membuka kegiatan lomba masak serba ikan tingkat kabupaten Kupang, di Aula Yayasan Alfa Omega, pada Rabu (14/9) lalu.

Para juara lomba masak ikan dengan trophy ditangan.

Para juara lomba masak ikan dengan trophy ditangan.

Novita berharap, melalui lomba yang digelar dapat memicu kreatifitas masyarakat, agar mampu memasak dengan bahan baku ikan, untuk menu sehari-hari dalam rumah tangga. Selain itu menurut Novita, untuk memacu kemampuan ibu rumah tangga, tidak hanya bisa memasak satu menu saja di rumah.

“Ini juga sebagai bagian dari upaya, jangan sampai karena ada program Gemarikan, lalu dirumah hanya ada satu menu makan saja, pasti kita bosan. Tetapi kalau kita punya ketrampilan, maka walaupun hanya satu bahan baku, yaitu ikan, tetapi kemudian kita mengolahnya menjadi berbagai jenis menu, hal itu tidak membuat kita bosan makan ikan,” tandas Novita.

Novita menambahkan, karena kegiatan ini melibatkan keterwakilan tim penggerak PKK dari 24 kecamatan di Kabupaten Kupang, sehingga diharapkan, ibu-ibu Tim Penggerak PKK sendiri yang akan menjadi perpanjangan tangan. “Dalam hal ini, ibu-ibu tim penggerak PKK, perlu berperan dalam memasyarakatkan nilai lebih dari komsumsi ikan. Bisa saja melalui sosialisasi tentang keutamaan nilai gizi dalam daging ikan. Kemudian melatih masyarakat bagaimana mengolah bahan ikan menjadi produk olahan bagi ibu-ibu rumah tangga, baik di posyandu maupun di dasawisma,” tandasnya.

Baca Juga :   Polisi dan BKSDA Pasang Papan Peringatan Buaya di Kolam Weluli

Menutup sambutannya, selain menyampaikan apresiasi dan selamat berlomba bagi peserta lomba, Novita juga mengajak semua peserta untuk makan ikan, agar sehat, kuat dan cerdas.
“Ayo makan ikan agar kita sehat, kuat dan cerdas. Bukan saja kita, tetapi keluarga kita, suami kita dan anak-anak kita. Karena kalau kita dan anak-anak kita sehat, kuat dan cerdas, maka kabupaten Kupang, NTT, bahkan indonesia jadi kuat,” Tutup Kadis Novita.

Untuk diketahui, dewan juri dalam lomba ini terdiri atas, Chef Serdi dari Sasando International Hotel selaku ketua, Novita D.E. Foenay, sekretaris, Altje Papote dari SMKN 3 Kupang anggota, Amli Bait, dari DKP Kabupaten Kupang selaku anggota, dan Damielle Nalle dari tim penggerak PKK Kabupaten Kupang, anggota. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top