HUKUM & KRIMINAL

P-19, Jaksa Kembalikan Berkas Dugaan Korupsi SMKN Kobalima ke Penyidik Polres Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kejaksaan Negeri (Kejari) Belu mengembalikan berkas dugaan korupsi SMKN Raihenek, Kobalima yang diduga melibatkan mantan Kepala Sekolah SMKN tersebut, Balthasar Manek ke penyidik Polres Belu. Pengembalian itu lantaran dinyatakan belum lengkap atau P-19, berkas yang dilimpahkan tersebut.

Rivo Medellu

Rivo Medellu

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Belu, Rivo Medellu kepada media saat dikonfirmasi, Rabu (21/9/2016) di Atambua mengaku, pihaknya sudah menerima berkas tahap satu kasus dugaan korupsi pengembangan dana SMK unggul pada SMKN Kobalima yang dilimpahkan penyidik Polres Belu.

“Berkasnya telah diteliti oleh jaksa dan masih ada beberapa kekurangan berkas yang harus dikembalikan ke penyidik Polisi. Jadi masih P-19,” ujar dia.

Terkait hal tersebut jelas Medellu, pihaknya telah melakukan konsultasi dengan penyidik Polres Belu untuk melengkapi berkas kasus SMKN Kobalima yang masih kurang.

“Kita sudah kembalikan, mungkin sekarang lagi dilengkapi pihak penyidik Kepolisian Polres Belu,” tutur dia.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil audit pihak BPKP terhadap proyek dana pengembangan SMK unggul pada SMKN Raihenek, Kecamatan Kobalima merugikan keuangan negara senilai Rp 405.108.381 dari pagu dana APBN sebesar Rp 4.957.000.000.

Anggaran proyek tahun 2012 lalu tersebut bersumber dari Kementerian Pendidikan Subdit Direktorat Pembinaan SMK. Dana tersebut dipergunakan untuk membiayai kegiatan fisik dan non fisik pengadaan peralatan laboratorium dan jasa konstruksi pada SMKN Raihenek di Kabupaten Malaka, NTT. (yan)

Baca Juga :   Habis Tabrak Sepeda Motor, Dump truk Terjun Bebas ke Jurang di Kimbana
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top