RAGAM

Paut: Perubahan Regulasi, KTP Berlaku Seumur Hidup

OELAMASI, Kilastimor.com-Pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakan, agar KTP-e berlaku seumur hidup, termasuk masyarakat Kabupaten Kupang. Demikian Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang, Hendrik Paut, saat membuka kegiatan Sosialisasi Undang-Undang (UU) omor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, pada Kamis (15/9), di Aula Oemathonis Camplong, Kabupaten Kupang.

Hendrik menjelaskan, masyarakat sesuai dengan posisi dan tempat tinggalnya, akan memiliki KTP sesuai dengan yang diamanahkan Undang-undang. Untuk itu, diharapkan Camat dan Kades/Lurah dapat mendata dan mengupayakan masyarakatnya yang belum memiliki KTP untuk dapat segera membuatnya, supaya status kewarganegaraannya jelas.

Sekda Kabupaten Kupang buka sosialisasi KTP-e

Sekda Kabupaten Kupang buka sosialisasi KTP-e

Hendrik menambahkan, pengesahan UU No. 24 Tahun 2013, tentang perubahan atas UU No. 23 Tahun 2006 tentang administrasi Kependudukan dalam rangka peningkatan pelayanan administrasi kependudukan yang profesional, memenuhi standar teknologi informasi, tertib dan tidak diskriminatif. Hal ini menurutnya, penting dalam rangka mencapai standar pelayanan minimal menuju pelayanan prima yang menyeluruh untuk mengatasi permasalahan kependudukan.

Kepada Camat dan Kepala Desa/Lurah yang hadir, hendrik berharap, dapat menjadi duta informasi bagi masyarakat karena melalui UU No. 24 Tahun 2013 ini, terdapat berbagai perubahan diantaranya jangka waktu berlaku KTP seumur hidup, proses pencetakannya yang semula di pemerintah Pusat, diserahkan kepada Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Daniel Takain, Kadis Capilduk Kabupaten Kupang, mengungkapkan tujuan dilaksanakannya Kegiatan Sosialisasi ini adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman dalam pendaftaran dan penerbitan identitas penduduk berupa penerbitan Kartu keluarga, KTP dan Akta-akta Catatan Sipil. Diharapkan melalui sosialisasi ini, dapat terwujud persamaan persepsi dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam pendaftaran penduduk antara Dinas, Kecamatan, Desa dan kelurahan. (qrs)

Baca Juga :   Bupati Belu, Fary dan Jeriko Gelar Dialog dengan Keluarga dan Mahasiswa Belu
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top