RAGAM

Pemerintah Malaka Perlu Bangun Irigasi Kecil di Bereliku

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka perlu membangun irigasi kecil di Desa Bereliku –Kecamatan Malaka Tengah untuk menampung air dari hulu Sumber Air Wemaromak di Laran dan sumber air di Eturofou di belakang Bakateu, Desa Wehali-Kecamatan Malaka Tengah.
Kalau irigasi kecil itu dibangun, pastinya bisa mengairi 1.000 hektar lahan sawah lima desa di Aintasi termasuk Desa Kletek dan Kletek Suai. Irigasi Kecil Bereliku bisa dimanfaatkan sebagai cadangan air karena selama ini airnya terbuang ke laut tanpa dimanfaatkan.
Dalam Pembahasan APBD Murni 2017, akan diusulkan melalui pembahasan dewan. Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Malaka Partai Nasdem, Yosef Ama Bere Seran kepada wartawan, Selasa (27/9/2016).

Logo Pemkab Malaka

Logo Pemkab Malaka

Bere Seran mengatakan dirinya akan memperjuangkan rencana itu melalui pembahasan APBD murni 2017, sehingga bisa diprogramkan. Pemerintah daerah memiliki kewenangan membangun irigasi kecil untuk menampung air guna melayani lahan masyarakat empat desa di Aintasi. Buangan sumber air Wemaromak dan Eturofou perlu ditangani demi kepentingan pertanian.

“Kalau irigasi Bereliku dibangun dan berfungsi, lahan potensial sekira 1.000 ha di Desa Naimana, Fahiluka, Lawalu dan desa Bereliku, Railor serta desa Kletek dan Kletek Suai, bisa terkelola. (boni)

Baca Juga :   Anggota DPR RI Kristina Muki Bantu APD untuk RSUD Mgr. Gabriel Manek SVD Atambua
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top