POLITIK

Pemilih Meningkat, KPU Kota Kupang akan Tambah TPS

KUPANG, Kilastimor.com-Jumlah pemilih pada Pilwalkot Kupang 15 Februari 2017 mendatang dipastikan bertambah. Atas kondisi itu, KPU sebagai berencana menambah jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Daniel Ratu

Daniel Ratu

Dalam pemilihan presiden tahun 2014 lalu, jumlah TPS sebanyak 635. Pada Pilwalkot kali ini, KPU Kota Kupang meencanakan menambah jumlah TPS sebanyak 25, sehingga total TPS untuk Pilwalkot sebanyak 660. Demikian dikatakan Juru Bicara KPU Kota Kupang, Daniel Bangu Ratu kepada wartawan di kantor DPRD Kantor DPRD Kota Kupang, Selasa (27/9) usai mengikuti rapat pembahasan anggaran pengamanan Pilwakot bersama Banggar DPRD Kota Kupang, Selasa (27/9).

Menurut dia, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Kupang, pada pilpres sebanyak 263.799 dan berdasarkan perkiraan dari KPU, jumlah pemilih akan bertambah sekitar 35 ribu pemilih. Namun sesuai Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang diserahkan Kemndagri kepada KPU Kota Kupang, sebanyak 365 ribu, sehingga terjadi penambahan pemilih dan KPU merasa perlu adanya penambahan TPS pada kelurahan-kelurahan, yang jumlah DPT-nya mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Awalnya prediksi kami DPT cuma 330 ribu. Namun jumlah itu beda dengan DP4 yang diserahkan Kementerian lewat Dirjen Kependudukan,” ujar Dani.

Dani menambahkan, meskipun KPU mempunyai inisiatif menambah jumlah TPS, namun belum final karena saat ini KPU masih menverifikasi terhadap DP3 yang ada.
Setelah verifikasi rampung, pihaknya akan melakukan sinkronisasi data. Jikaada penambahannya signifikan, maka akan ada penambahan TPS.(ify)

Baca Juga :   Bupati SBS Bangga Malaka jadi Tuan Rumah Konferda Anak Tingkat Provinsi NTT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top