RAGAM

Penggabungan dan Pemisahan OPD Harus Pertimbangkan Efisiensi

JAKARTA, Kilastimor.com-Penerapan PP 18/2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mempertimbangkan efesiensi agar tidak terjadi pemborosan keuangan daerah. Kabupaten/Kota harus selektif melakukan Penggabungan sehingga organisasi yang dibentuk tidak memberatkan daerah dalam hal pembiayaannya. Pemda harus bisa melakukan terobosan dengan menggabungkan bagian-bagian dalam satu wadah. Presiden sendiri sudah menegaskan penggabungan itu sendiri tidak akan berdampak pada intervensi anggaran pemerintah pusat. Gaya lama dalam pelayanan keuangan pusat kepada daerah harus berubah dengan mengedepankan kepentingan rakyat yang paling mendasar.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Malaka dari Fraksi PAN, Vinsen Kehi Lau usai melakukan konsultasi terkait penerapan PP 18/2016 tentang OPD di Dirjen Otda Kemendagri di Jakarta, Kamis (29/6/2016).

Vinsen Kehi Lau

Vinsen Kehi Lau

Kehi Lau mengatakan sesuai konsultasi di Dirjen Otda Kemendagri pihaknya mendapatkan banyak masukan terkait pemberlakuan PP 18/2016 disetiap daerah. Intinya, organisasi perangkat daerah itu hanya sarana melancarkan pelayanan kepada rakyat. Substansinya, pelayanan kepada rakyat harus lebih baik dan berkualitas dengan mengedepankan aspek efesiensi anggaran.

Presiden Jokowi sendiri sudah mewanti-wanti agar penggabungan dinas atau badan serta bagian-bagian tidak boleh menjadi penghambat untuk melayani rakyat. Pempus tetap melayani rakyat sesuai kebutuhan. Kalau dinas atau badan turun menjadi bidang, tetap tidak akan merubah intervensi anggaran pada bidang yang bersangkutan walau statusnya sudah diturunkan atau digabungkan dalam satu institusi.

Baca Juga :   Tersisa Tiga Unit, NSS Beri Potongan Harga untuk Pembelian CB 150 R

Sesuai penjelasan Dirjen Otda, penggabungan atau pemisahan OPD harus mengedepankan kebutuhan rakyat dan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. Faktor efesiensi harus menjadi pertimbangan dalam mengimplementasikan PP 18/2016 (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top