RAGAM

Perangkat Daerah Diberi Waktu Satu Bulan Susun SOP

BETUN, Kilastimor.com-Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mendeadline perangkat daerahnya. Pemimpin daerah itu, memberikan waktu satu bulan kepada setiap perangkat daerah untuk menyusun Standar Operasi Prosedur (SOP) sebagai budaya kerja yang harus dipatuhi dan dilaksanakan bersama disetiap kantor.

Bupati kemudikan traktor.

Bupati kemudikan traktor.

“Setiap Perangkat Daerah diharapkan bisa membuat kerangka acuan kerja berupa SOP dan paling lama satu bulan sudah diserahkan ke Bupati untuk selanjutnya diterapkan perangkat daerah yang bersangkutan,” bilang Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan disela acara pelaksanaan coffe morning bersama seluruh pejabat eselon II dan III dilingkup Pemkab Malaka di Betun, Selasa (6/9/2016).

Bria Seran mengatakan coffee morning adalah jadwal rutin untuk mengasah pejabat agar kerja sesuai aturan, memiliki pemikiran inovatif terhadap apa yang dibutuhkan rakyat, apa persoalan rakyat dan bagaimana cara memecahkannya.

Menurutnya, sebagian besar pejabat yang mengikuti kegiatan coffee morning adalah pimpinan baru, baik pejabat eselon II dan III. “Kita baru lantik mereka pada 8 Agustus dan 15 Agustus. Ini baru rapat perdana setelah pelantikan para pejabat itu. Bupati memberikan arahan kepada mereka terkait apa yang harus mereka lakukan didalam internal kantor, supaya memberikan pelayanan kepada rakyat dengan baik. Karena prinsipnya, kerja kantor itu ada dua yakni internal service dan external service. Internal service bagaimana seoang kepala memimpin konsolidasi kedalam supaya kedalam itu kuat. Kekuatan itu bisa digunakan bersama untuk memberikan pelayanan baik kepada masyarakat (eksternal service),” bilangnya.

Baca Juga :   Penerbitan Pengganti KTP-e Terkait Pilwalkot? Ini Penjelasan Kadis Pendukcapil Kota Kupang

Budaya kerja itu prosesnya dilakukan bersama. Prosesnya mereka duduk bersama, diskusikan bersama untuk selanjutnya ditandatangani kepala untuk dilakukan bersama di kantor. “Kita kasih target satu bulan untuk membuat SOP sebagai kerangka acuan kerja,” sebutnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top