RAGAM

Pj Kades Renrua Tidak Penuhi Panggilan DPRD Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Penjabat Kepala Desa (Kades) Renrua, Karlus Kiik tidak memenuhi panggilan Komisi I DPRD Belu, Selasa (6/9) pagi tadi, guna mengklarifikasi pengaduan warga Renrua, atas pemberhentian perangkat desa, beberapa waktu lalu.

Marten Naibuti

Marten Naibuti

Puluhan warga Desa Renrua, Kecamatan Raimanuk mendatangi Gedung Dewan sejak pukul 10.00 Wita diterima Wakil Komisi I, Marten Naibuti bersama Anggota Komisi dan Kabag Pemdes Setda Belu, Ignas Kiik. Pj Kades yang dihubungi berkali-kali tidak hadir untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Terkait ketidakhadiran Pj. Kades Renrua, Komisi I memutuskan jadwal klarifikasi dilakukan pada Rabu besok. “Pak Sekdes, saya titip pesan untuk disampaikan ke Pj. Kades Renrua, bahwa komisi melakukan klarifikasi pada Rabu besok,” tutur Marten Naibuti.

Ditambahkan, masih jelas arahan Wabup dalam pelantikan beberapa Penjabat Kades waktu lalu, dimana penjabat yang dilantik harus memfasilitasi dan mempersiapkan seluruh proses Pilkades mulai dari awal hingga selesai.

Untuk diketahui, Pj Kades Renrua, Karlus Kiik diadukan warga Senin (6/9) terkait dengan pemberhentian perangkat Desa Renrua yang tidak melalui mekanisme atau musyawarah bersama.

“Minimal pemberhentian perangkat Desa itu harus punya alat ukur. Soal pemberhentian kami menerima, tapi harus mengikuti mekanisme,” kata Marianus Moruk mantan Kaur Pembangunan yang diberhentikan kepada media.

Pencopotan sendiri bilangnya, telah dilakukan sejak 31 Agustus lalu. Sejumlah kepala dusun, RT/RW dan beberapa perangkat Desa Renrua diberhentikan dan menunjuk perangkat desa yang baru, tanpa melalui musyawarah bersama.

Baca Juga :   Evaluasi Dana Desa, Pjs Bupati Belu Minta Kades Ikuti Regulasi

Lanjut Moruk, surat pemberhentian tersebut ada. Namun tidak melalui suatu mekanisme, dimana harus melakukan musyawarah bersama, termasuk dengan BPD. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top