RAGAM

Taekwondo Mulai Diperkenalkan di Sekolah-Sekolah di Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Cabang Olahraga Taekwondo bisa jadi andalan dulang prestasi di Provinsi NTT. Selama dua tahun terakhir cabang olahraga ini mengharumkan nama Malaka ditingkat Provinsi. Tahun 2015, dari 8 atlet taekwondo yang dikirim semuanya pulang membawa medali. Dua orang menyumbangkan medali perak dan enam orang medali perunggu.

Atlet Taekwondo Malaka

Atlet Taekwondo Malaka

Tahun 2016 dalam kejurda memperebutkan Piala Gubernur, Kabupaten Malaka mengirimkan lima atlet dan dua atlet mendapatkan medali emas dan dua atlit lainnya mendapatkan medali perak. Kalau cabang olahraga ini dibina secara teratur maka bisa menjadi andalan untuk meraup prestasi. Malaka saat ini masuk peringkat lima dari 22 Kabupaten/Kota di Provinsi NTT. Hal itu disampaikan Pembina Taekwondo Kabupaten Malaka, Mayor Kav. Yatman kepada wartawan disela acara perkenalan cabang olahraga Taekwondo di SMAN Harekakae-Kecamatan Malaka Tengah, Sabtu (10/9/2016).

Yatman mengatakan, untuk saat ini pihaknya akan mempromosikan cabang olahraga Taekwondo di sekolah-sekolah agar dikenal. “Kita pilih SMAN Harekakae dalam pengenalan Taekwondo sebagai bentuk penghargaan bagi sekolah ini karena kedua siswanya mampu menyumbangkan dua medali emas dalam Kejurda Piala Gubernur belum lama ini di Kupang,” tuturnya.

Saat perkenalan, cabang olahraga beladiri ini cukup banyak peminatnya. Untuk sementara sudah memiliki 84 atlet Taekwondo di Malaka. “Kita tetap mengenalkan olahraga itu di sekolah-sekolah agar dikenal sekaligus untuk menjaring atlet-atlet unggul untuk memperkuat skuat Malaka kedepan,” ujarnya.

Baca Juga :   Marianus-Emi Jadi Pendaftar Ketiga di KPU NTT

Kedepan, pihaknya punya rencana besar untuk menata Taekwondo di Malaka. Posisi saat ini Kabupaten Malaka masuk peringkat lima dari 22 Kabupaten/Kota di NTT. “Kita masih menunggu SK Kepengurusan KONI Provinsi sehingga kalau sudah ada akan dilaporkan dan difatarkan ke KONI Malaka guna pembinaan lebih lanjut.

Pelatih Taekwondo Kabupaten Malaka, Nelson da Cruz secara terpisah kepada wartawan mengatakan dua siswa SMAN Harekakae yang menyumbangkan dua buah medali emas dalam Piala Gubernur belum lama ini yakni Ananda Budiman dan Anomorangel. Sementara itu medali perak diraih Jenda Cotreal dan Enjel Simenes. “Tahun 2015 Kejurda se NTT kita utus delapan atlit dengan perolehan piala 2 perak dan enam perunggu,” bilangnya.

Kepada Kepala Sekolah SMAN Harekakae, Robert Bria Tahuk, S.Pd kepada wartawan usai acara pengenalan Taekwondo kepada wartawan mengatakan pihaknya sangat mendukung bila cabang olarraga itu dikembangkan di sekolahnya. Taekwondo adalah olahraga prestasi. “Kita memberikan ruang kepada siswa untuk nenempa minat dan bakatnya melalui cabang olahraga itu. Kita bisa kita kembangkan di SMAN Harekakae sebagai sarana membina generasi muda Malaka untuk berprestasi,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top