RAGAM

Tahun ini Pemkab Kupang Terapkan E-Planning

OELAMASI, Kilastimor.com-Sebagai bagian dari Strategi Peningkatan Konsistensi Perencanaan dan Penganggaran di daerah, Bappeda Kabupaten Kupang menggelar Workshop yang bertajuk Penerapan e-Planning, yang diperuntukkan bagi para pimpinan SKPD dan para Kasubag Perencanaan dan Pelaporan masing-masing SKPD.

Ilustrasi e-Planning

Ilustrasi e-Planning

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Bupati Kupang, Rabu (14/9) lalu, dibuka Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kupang, Charles J. Amekan.

Charles Amekan mengatakan, kemajuan teknologi dan informasi saat ini menuntut semua bidang atau dalam hal ini SKPD untuk melakukan reformasi dalam birokrasi dan pelayanan publik yang lebih cepat, konsisten, bersih, transparan, akuntabel dan mampu menjawab tuntutan perubahan, secara lebih efektif dan efesien. Lebih dari itu, melahirkann inspirasi penyediaan data informasi dan media komunikasi yang lebih baik.

Namun menurutnya, kenyataan dalam evaluasi pencapaian target, sasaran dan road map reformasi birokrasi 2015-1019 oleh Kemenpan RB, penerapan e-Government belum berjalan efektif dan efisien termasuk implementasinya dalam sistem perencanaan pembangunan. Dimana menurut Amekan, masih terjadi inkonsistensi antara dokumen perencanaan dan dokumen penganggaran.

“Menurut saya, hal ini terjadi karena ketidaktaatan terhadap mekanisme dan peraturan perundangan dibidang perencanaan dan penganggaran, khususnya dalam menjalankan fungsi masing-masing dalam setiap tahapan perencanaan pembangunan daerah mulai dari proses teknokratik, partisipatif, politis serta pendekatan top down dan bottom up planning,” jelas Amekan.

Baca Juga :   Kepala Desa di Malaka Diminta Beri Pencerahan Jelang Pemilu

Dia menambahkan, proses penyusunan dan penyiapan dokumen perencanaan dan penganggaran juga seringkali terlambat karena masih menggunakan cara lama yang manual. Sehingga menurutnya dijaman yang sudah serba canggih ini, semua sistem manual harus diperbaiki.

Untuk diketahui, e-planning sendiri akan dilakukan pada tahun 2016 ini, sementara peralatan semuanya akan diadakan pada 2017 nanti. (qrs)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top