RAGAM

Tingkatkan Kualitas Pemerintah Desa, Pamkab Malaka Harus Perketat Aturan Pilkades

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka harus memperketat seleksi terhadap calon kepala desa. Calon kades yang lolos maju harus diuji apakah memiliki kompetensi dan pegetahuan lebih luas. Selain itu pemerintah harus tegas menggugurkan calon kades yang menggunakan ijasah asli tapi palsu (Aspal) setelah melalui proses verifikasi di sekolah yang meluluskan, agar kualitas pilkades kedepan dapat terjamin.
Hal itu disampaikan Ketua Immala Kupang, Alfridus Pascalius Nahak kepada wartawan di Kupang, Senin (12/9-2016).

Alfridus

Alfridus Pascalius Nahak

Nahak mengatakan, persoalan pilkades saat ini jangan dianggap remeh, karena bertautan dengan nasib masyarakat desa yang bersangkutan. Kalau SDMnya rendah karena ijazah yang tidak layak dan tidak memiliki pengetahuan yang memadai, maka rakyat di desa akan merugi.

“Kita belajar dari pengalaman yang terjadi bahwa banyak kepala desa tidak mengerti dan tidak bisa membuat Perdes, sehingga serapan ADD setiap tahun mengalami keterlambatan dalam proses eksekusi. Kalau kondisi itu dibiarkan rakyat akan rugi karena membuka peluang banyak program yang tidak bisa dieksekusi,” sergahnya.

Dia mengusulkan Pemkab Malaka dalam menerapkan Perda tentang pilkades, perlu menambahkan persyaratan lain yang lebih ketat terkait SDM dan kompetensi, pengetahuan calon kades tentang desa. Kalau hal itu belum diatur dalam Perda supaya dibuatkan payung hukum melalui peraturan bupati.

“Kita prihatin karena dari tahun ke tahun dana desa semakin bertambah, tetapi dari aspek pengelolaannya masih jalan ditempat. Pemerintah perlu membuat terobosan untuk perbaikan kinerja kades. Usul konkritnya, dalam merekrut calon desa bisa dilakukan melalui uji kompetensi terutama pengetahuan tentang pengelolaan desa termasuk pembuatan APBDes. Selain itu, sebelum pemerintah menetapkan bakal calon kades menjadi calon harus dilakukan verifikasi ijazah yang dimiliki balon untuk menghindari pemanfaatan ijazah palsu alias hanya dibeli untuk jadi calon kades. (boni)

Baca Juga :   SAHABAT Tunda Pendaftaran Hingga Selasa Mendatang
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top