RAGAM

Warga Kota Betun Diminta Tertib Membuang Sampah. Irigasi Bukan Tempat Buang Sampah

BETUN, Kilastimor.com-Warga Kota Betun diminta kesadarannya untuk tertib membuang sampah pada tempatnya. Warga jangan membuang sampah pada saluran irigasi Benenain yang melintasi Kota Betun, karena bisa mencemarkan air dan menyebabkan saluran irigasi tertimbun sampah. Ini masalah sosial yang harus ditangani semua pihak agar dapat dieliminir pada masa-masa mendatang.
Hal itu disampaikan Juru Pengairan Daerah Irigasi Malaka Sayap Kiri, Yosef Bere kepada wartawan di Betun, Minggu (25/9/2016).

Irigasi Betun

Irigasi Betun

Dikemukakan, buang sampah sembarang, merupakan masalah sosial yang harus segera ditangani. Pasalnya, saluran irigasi yang melintasi kota Betun, sering buntuh gara-gara warga sembarangan membuang sampah didalam saluran. Tindakan itu sangat merugikan, karena bisa terjadi pencemaran air, dan saluran tertutup sampah yang akan menghambat pasokan air ke lahan pertanian warga.

“Kita juga masih temukan bangunan liar milik masyarakat yang dibangun diatas top saluran seperti kandang babi . Hal ini jelas dilarang, sangat mengganggu saluran irigasi dan berpotensi merusak bangunan dan terlebih pencemaran air.
Yang paling meresahkan, pembuangan sampah yang serampangan dalam saluran. Ada yang membuang bangkai babi, anjing dan kucing kedalam saluran. Masyarakat harus memiliki kesadaran membuang sampah pada tempat yang ditentukan. Air fungsinya memang untuk sawah, tetapi bisa dimanfaatkan untuk mandi dan cuci,” ujarnya.

Dia meminta kepada pemerintah Desa Wehali dan Camat Malaka Tengah memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait masalah sosial diatas. Kalau bisa dibuatkan Perdes atau Perda tentang masalah sampah, agar dipatuhi dan dijalankan masyarakat. (boni)

Baca Juga :   Jhon Tanur Resmi Pimpin Nasdem Belu
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top