RAGAM

12 Desa di Malaka Tengah Belum Cairkan Dana Desa

BETUN, Kilastimor.com-Camat Malaka Tengah bersama jajarannya mempercepat proses pencairan dana desa dan ADD bagi 17 desa di wilayah Kecamatan Malaka Tengah. Setiap Senin, Camat mengundang seluruh desa melakukan rapat koordinasi terkait progres, proses pencairanan dan berbagai persoalan yang dihadapi terkait pencairan ADD masing-masing desa. Yang jelas semua administrasi pencairan ADD sudah dipenuhi terutama APBDes sudah tuntas. Dari 17 desa di Malaka Tengah sudah ada lima desa yang mencairkan dananya. Dua belas desa lainnya masih menunggu pengesahan gambar oleh dinas PU Kabupaten Malaka. Hal itu disampaikan Camat Malaka Tengah, Eduardus B. Atok kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (3/10/2016).

Eduardus

Eduardus B. Atok

Pihaknya kata dia, sudah melakukan rapat koordinasi dan pengecekan ternyata sudah ada lima desa yang sudah mencairkan keuangannya yakni Desa Lawalu, Barene, Kletek, Suai dan Desa Bakiruk. 12 Desa lainnya belum melakukan pencairan karena masih menunggu pengesahan RAB dan gambar oleh Kadis PU Kabupaten Malaka.

Khusus tahun 2017, pihaknya merencanakan LKPD dibuat dalam bulan Desember tahun ini sehingga bila ada perbaikan bisa dilakukan pada bulan Januari dan Februari, dilanjutkan dengan proses pengesahan RAB di dinas PU. Kalau konsep itu yang digunakan maka paling lama bulan Mei desa sudah mengeksekusi ADD-nya dan mereka bisa memulai pekerjaan di desa dengan ketersediaan waktu yang memadai dan selesai tepat waktu.

Baca Juga :   Gerakan Kupang Hijau, Wali Kota Tanam Pohon di Kawasan Jembatan Petuk

Pada Oktober ini, semua desa bisa melakukan proses pencairan ADD tahap II sehingga pada bulan November semua urusan terkait ADD sudah tuntas dan tidak menjadi tunggakan untuk tahun berikutnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top