RAGAM

Besok, Pemda Malaka Klarifikasi Gugatan Empat ASN di KASN

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka siap menghadapi gugatan empat Aparatur Sipil Negara (ASN) di Komisi Aparatur Sipil Negara di Jakarta.
Pemerintah siap memberikan klarifikasi dengan membeberkan fakta, data dan informasi seputar alasan pencopotan keempat ASN.
Sesuai jadwal, Kamis (13/10-2016) besok pemerintah akan memberikan klarifikasi di Jakarta sesuai undangan KSN terkait pengaduan keempat ASN itu.

Donatus Bere

Donatus Bere

Sekda Malaka, Donatus Bere, SH kepada wartawan di Betun (12/10/2016) menjelaskan, pihaknya siap menghadapi gugatan itu di KASN dan akan memberikan klarifikasi sesuai kondisi riil yang dihadapi di lapangan.

“Kita lihat saja, dalam klarifikasi itu mereka tanya apa, kita akan jawab sesuai kenyataan yang ada dengan membeberkan data-data yang ada. Yang jelas kita siap hadapi gugatan dan klarifikasi dimaksud,” tuturnya.

Yang pasti, tambahnya, semua data yang dibutuhkan telah disiapkan. Penonjoban keempat pejabat eselon II itu, ada dasar hukum yang kuat dan itu sesuai hasil pemeriksaan Inspektorat Malaka. “Kita tidak asal copot tetapi ada dasar kuat pemerintah melakukan hal itu. Dalam konteks kepegawaian pencopotan itu sebagai bentuk pembinaan. Tetapi keempat mantan pejabat itu memilih untuk menyelesaikannya melalui proses di KSN. Itu sah-sah saja, karena memang diatur dalam undang-undang ASN membuka ruang untuk menggugat keputusan pemerintah. Mereka memiliki hak untuk membela diri sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Silahkan mereka tempuh itu . Itu hak mereka,” terangnya.

Baca Juga :   KPU Siapkan Pleno Penetapan Cabup/Wabup Malaka Terpilih

Setelah klarifikasi, kalau memang pemerintah dinilai salahi aturan ASN, maka KASN akan menyurati pembina kepegawaian di daerah untuk memulihkan. Kalau salah, maka Bupati Malaka akan menghukum atau memberikan sangsi kepada ASN. Semuanya dikembalikan ke daerah dan Bupati yang akan mengeksekusi.

Dalam gugatan, papar Donatus, empat ASN itu menyebutkan bupati ada sentimen politik dan sentimen pribadi. “Itu inti laporan mereka dan kita akan klarifikasi,” urainya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top