NASIONAL

KASN Apresiasi Penyerahan Dokumen LHP. Waluyo: Dokumen Pemda Malaka Komplit

JAKARTA, Kilastimor.com-Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta memberikan apresiasi terhadap penyerahan dokumen laporan hasil pemeriksaan (LHP) oleh Pemda Malaka di KASN. Apresiasi juga karena Bupati Malaka hadir dalam klarifikasi itu, sekaligus memberikan penjelasan yang cukup baik dan komplit, sekaligus menyerahkan dokumen-dokumen yang diminta KASN.

Bupati Malaka dan jajarannya pose bersama komisioner KASN.

Bupati Malaka dan jajarannya pose bersama komisioner KASN.

Hal menjadi bukti konkrit bahwa Pemda Malaka memiliki kepedulian dan berniat secara sungguh-sungguh melakukan penataan SDM diwilayahnya. Pihaknya sudah terima semua dokumen dan akan dipelajari dan dikaji. Paling lama dalam waktu dua minggu hasilnya sudah diketahui setelah diplenokan dalam komisioner KSAN. Hal itu disampaikan Komisioner Pengaduan dan Penyelidikan KASN Jakarta, Waluyo kepada wartawan di Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Dikatakan, kehadiran Bupati Malaka, Sekda, Inspektorat dan Bagian Kepegawaian Kabupaten Malaka bersama rombongan di kantor KASN untuk memberikan klarifikasi atas pengaduan yang disampaikan ASN yang diberhentikan dari jabatannya, sangatlah baik, KASN sudah mendapatkan informasi, penjelasan dan klarifikasi dari Bupati atas berita acara pemeriksaan dan hasil pemeriksaan keenam pejabat yang diberhentikan dari jabatan struktural.

Esensi yang diharapkan adalah PNS. P itu Profesional, N itu Netral dan S itu sejahtera. Profesionalisme itu sangat penting bagi PNS untuk mendukung program prioritas Bupati agar bisa menjalankan visi-misi dan program unggulan yang diusung Bupati dan Wakil Bupati Malaka. Rencana strategis lima tahun bupati dapat terlaksana untuk mensejahterakan masyarakat.

Baca Juga :   Pemkot Kupang Gelar Natal Bersama Kaum Disabilitas

Tidak lanjut klarifikasi ini, papar dia, KASN akan mengkaji dokumen tertulis yang diajukan. Berkas yang diajukan Bupati Malaka itu sangat komplit dan paling lama dua minggu hasil kajiannya bisa didapatkan. “Kita akan simpulkan hasil klarifikasi itu untuk diajukan dalam rapat komisioner KASN. Mekanisme pengambilan keputusan di KASN adalah kolektif kolegial akan diputuskan komisioner.

Diharapkan dengan diundangkan UU No 5/2014 tentang ASN rohnya adalah roh untuk human development yang mengutamakan kualifikasi, kompetensi untuk penempatkan jabatan. Sebaliknya juga kita harus profesional artinya tidak boleh melanggar peraturan perundangan. Pegawai yang melanggar aturan akan ada LHP dan akan ditindak. PNS diatur dengan PP 53/2010 tentang disiplin PNS. Jadi esensinya PNS harus bekerja profesional sesuiai aturan yang berlaku. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top