EKONOMI

Malaka Punya Banyak Peluang Investasi

BETUN, Kilastimor.com-Kabupaten Malaka memiliki banyak peluang untuk investasi diantaranya, pertanian, peternakan, kelautan, perikanan, perkebunan, sektor pariwisata dan budaya. Salah satu potensi yang bisa dijadikan andalan investasi di Kabupaten Malaka adalah Pertanian. Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat membuka rapat koordinasi penanaman modal tingkat propinsi yang diselenggarakan di Betun, Rabu (5/10/2016).

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Salah satu peluang investasi di Kabupaten Malaka yang berpotensi dibidang pertanian. Tanahnya paling subur di daratan Timor karena semua humus tanah timor dialirkan Benenain dan dibawa ke Malaka. Pemerintah melihat itu sebagai potensi maka dimplementasikan melalui progran revolusi pertanian Malaka sebagai salah satu program unggulan pemerintah.

Sampai saat ini pemerintah sudah mengolah 151 hektar lahan masyarakat . Ada 9 traktor yang siap mengolah lahan masyarakat. Tiap hari dinas pertanian melaporkan progres pengolahan lahan. Salah satu persoalan besar yang kita hadapi saat ini adalah tenaga untuk mengelola dan menanam.

Persoalannya, tenaga-tenaga usia produktif banyak bekerja diluar daerah dan diluar negeri dan lebih banyak ke Malaysia. “Kita sering mengeluhkan tidak ada tenaga kerja produktif tetapi tidak memikirkan bagaimana solusi yang harus ditempuh terkait ketenaga kerjaan.
Tahun lalu saya ke Malaysia melihat mereka dan melihat di perkebunan, pemilikinya dan tempat tinggal mereka. Ketika saya pulang ke Malaka saya katakan bahwa mereka yang kerja secara legal di Malaysia tidak akan pulang. Alasanya, Pertama, Base camp /rumah tempat tinggal mereka sudah ada dan lebih baik dari rumah mereka di Malaka. Kedua, saat bangun tidur mereka sudah ada pekerjaan tetap yang siap dikerjakan dan akhir bulan mereka sudah menerima uang. Ketiga, image bahwa mereka pernah bekerja diluar negeri. Hal ini yang cukuo berat dan menjadi tantangan yang harus diubah,” tuturnya.

Baca Juga :   DPRD Umumkan Penetapan Willy Lay-Ose Luan Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Belu Terpilih

Selain pertanian kita juga memiliki potensi dibidang peternakan, perikanan, kelautan, kehutanan, pariwisata dan budaya. “Kita tidak menutup diri, silahkan datang dan lihat sendiri sektor mana yang mau diinvestasikan. Pemerintah selalu mendukung dan memberi ruang bagi investor datang menanamkan modalnya di Malaka,” tukasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top