RAGAM

Pasien ISPA Dominasi di RSUD SK. Lerik Kupang

KUPANG, Kilastimor.com-Pasien Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan gangguan percernaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) SK. Lerik, Kupang mengalami peningkatan.

dr. Marsiana Halek

dr. Marsiana Halek

“Memang ada kunjungan pasien yang mengalami penyakit lain yang datang untuk melakukan pengobatan di sumah sakit. Namun yang paling banyak pasien ISPA dan gangguan pencernaan. Hal ini dipengaruhi cuaca yang terjadi saat ini,” kata Direktur Rumah Sakit SK. Lerik, Kupang, dr. Marsiana Halek, kepada wartawan dikantor DPRD Kota Kupang, Jumat (21/10).

Menurut Halek, secara umum rata-rata kunjungan masih sekitar 100 sampai 200 pasien perhari, dengan kasus yang bervariasi. Marsiana Halek mengaku, jika dibandingkan pada bulan sebelumnya, ISPA dan gangguan pencernaan cukup meningkat yakni diatas 20 persen. Namun penanganan para pasien ini, lebih banyak sistem rawat jalan.

Dia meminta, agar masyarakat menjaga kesehatan, apalagi kondisi cuaca saat. ISPA mempengaruhi daya tahan tubuh. Karena itu, dibutuhkan istirahat yang cukup.

Disinggung soal stok obat, Marsiana menyebutkan, stok obat untuk saat sekarang masih dalam kondisi aman, baik untuk ISPA maupun penyakit lain. ”Ya untuk obat aman. Memang untuk obat ini ada sedikit kendala seperti e-katalog seperti yang terjadi di RSU Yohanes, dimana sudah awal tahun dipesan tetapi hingga sekarang belum juga datang,” terang dia. (ify)

Baca Juga :   BP4D Malaka Diminta Loloskan Hasil Musrenbangcam Malaka Tengah
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top