RAGAM

Pemda Malaka Serahkan Jalan Gua Maria Tubaki Kepada Gereja

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka menyerahkan pengerjaan jalan menuju gua Maria Lourdes Betun kepada Deken Malaka, agar dimanfaatkan umat dalam perarakan besar tahun ini. Pemerintah tetap melakukan penataan lokasi gua baik memperbaiki infrastruktur jalannya dan juga infrastruktur didalam lingkungan gua. Hal itu dimaksudkan memberikan kenyamanan bagi para pesiarah saat berdoa di gua Maria Lourdes Betun. Hal itu disampaikan Bupati Malaka. Stefanus Bria Seran kepada wartawan saat menyerahkan pembangunan hotmix jalan masuk ke gua agar dimanfaatkan umat selama masa perarakan di Tubaki-Betun, Minggu (30/10).

Bupati Malaka serah terima jalan yang dikerjakan kepada Gereja.

Bupati Malaka serah terima jalan yang dikerjakan kepada Gereja.

Bria Seran mengatakan pemerintah melalui persetujuan dewan akan memperhatikan perbaikan infrastruktur jalan keluar masuk ke areal gua Maria Lourdes Tubaki. “Tahun ini kita hanya memperbaiki jalan menuju gua agar memberikan kenyamanan dan rasa aman pesiarah saat bersiarah ke lokasi gua. Tahun ini kita baru mulai. Rencananya tahun 2017 kita tetap melanjutkan penataan baik didalam dan di luar areal gua. Kita harus bangun jalan dan saluran yang baik agar bisa digunakan pesiarah dan tidak membahayakan peziarah,” tutur dia.

Selain itu, pihaknya juga akan membangun rest area, ruang ganti para pastor dan MCK yang representatif didalam lokasi gua. Penataan kedepan akan tetap dilakukan dan pemerintah berkewajiban melakukan perbaikan infrastrukturnya agar representatif dan dimanfaatkan rakyat saat berziarah pada masa mendatang.

Baca Juga :   Program Bedah Rumah Pemkot Kupang Berlanjut, Wali Kota Serahkan Kunci Rumah Kepada Esau Hanok Loe

Pemerintah akan bekerja sama dengan pihak gereja untuk melakukan penataan didalam gua, agar lebih baik dengan tetap mempertahankan keasliannya. “Kita akan minta persetujuan gereja sebelum bekerja. Ini aset gereja dan rakyat Malaka yang perlu ditata dan dibangun agar tetap terpelihara baik kedepan,” tambah dia.

Sementara itu, Deken Malaka, Rm. Edmundus Sako Pr, menyampaikan terima kasih kepada Pemda Malaka, atas perbaikan jalan yang telah dilakukan dan diserahkan kepada Gereja. “Ini sebuah respon positif dari pemerintah. Kita berterima kasih,” pungkasnya. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top