EKONOMI

Pemkab Belu Mulai Sosialisasikan Program Gong Tani

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemkab Belu mulai memperkenalkan Gong Tani sebagai salah satu program di bidang Pertanian.
Dalam program gong tani ini, petani akan bekerja layaknya PNS yakni lima hari bekerja terhitung hari Senin sampai Jumat.

Petrus Bere

Petrus Bere

“Gong tani ini salah satu program Pemerintah dalam RPJMD Bupati Belu,” ujar Sekda Belu, Petrus Belu kepada media usai pengarahan tentang tatib Pilkades bagi 33 Cakades yang akan berlaga pada tanggal 13 Oktober mendatang di Gedung Betelalenok, Jumat (7/10) kemarin.

Menurut Bere, gong tani ini merupakan salah satu terobosan bagi para petani untuk membentuk kelompok tani. Melalui kelompok tersebut petani bisa bekerja secara bersama sesuai jadwal yang telah ditetapkan kelompok.

“Program ini mengajak seluruh warga masyarakat khususnya petani yang berada di wilayah Kabupaten Belu wajib masuk dalam kelompok tani,” ucap dia.

Lanjut Bere, nantinya satu kelompok tani diperkirakan ada 20 orang anggota. Dari jumlah itu akan dipecah menjadi kelompok kerja (pokja) dan masing-masing pokja ada lima orang yang nanti akan tentukan jadwal.

“Mereka boleh menentukan jadwal kerjanya selama lima hari. Senin kerja dimana, Selasa dimana dan seterusnya sampai Jumat. Nanti di hari Sabtunya itu mereka pertemuan antar kelompok, antar pokja untuk mendiskusikan. Dan disaat itu Pemerintah bisa hadir untuk memenuhui keperluan mereka yang masih kurang,” terang dia.

Baca Juga :   Budidaya Bawang Merah di Kecamatan Weliman Seluas 20 Hektare

Ditekankan, program gong tani ini yang akan diarahkan kepada para petani di wilayah Belu. “Saya sudah bicarakan dengan PPL, dan mereka sudah mulai jalankan di lapangan,” pungkas Bere. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top