RAGAM

Pemkab Malaka akan Bangun Jembatan Alternatif Baru Benenain

BETUN, Kilastimor.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Malaka secara bertahap akan membangun jembatan baru sebagai alternatif jembatan Benenain di Haitimuk-Betun. “Kita tidak inginan kalau terjadi hal-hal luar biasa seperti jembatan putus maka aktifitas masyarakat lumpuh. Alternatif pembangunannya bisa dilakukan di wilayah Oan Mane-Fahiluka dan Jembatan Boni,” kata Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dalam Paripurna Sidang III DPRD Kabupaten Malaka di Betun belum lama ini.

Stefanus Bria Seran

Stefanus Bria Seran

Pemerintah harus menyiapkan pilihan jika terjadi banjir atau bencana alam seperti jembatan putus. Harus ada alternatif sehingga aktifitas masyarakat tetap berjalan. “Kita harus bangun jembatan baru sehingga rakyat punya pilihan jika ada hal luar biasa seperti jembatan putus. Pembangunan jembatan baru itu juga untuk memperlancar akses dan membuka isolasi geografis dan transportasi warga,” bilangnya.

Bria Seran mengatakan khususnya untuk Penanggulangan banjir pihaknya tidak melakukan penanganan efek banjir tetapi yang kita tangani penyebabnya banjir. “Kita harus bangun pemahaman bersama sehingga tidak boleh ada polemik kedepan. Penanganan sebab banjirnya yang harus diurus. Banjir itu ada karena dua sebab. Pertama, air hujan yang mengalir ke sungai banyak sekali. Kedua, daya tampung sungai itu kecil sekali. Cara mengatasinya kurangi air hujan menuju sungai dengan membangun embung-embung dan cekdam dibagian hulu. Kedua, memperbesar daya tampung sungai . Kalau ketinggian air dan luapan banjir diatas tebing satu meter maka kita akan gali dan bangun dua meter sehingga bisa menahan luapan banjir,” urai Bupati Malaka.

Baca Juga :   Gubernur NTT, Ketua Komisi V DPR RI Ground Breaking Rusunawa Unwira Kupang

Selain itu, perlu lakukan normalisasi kali agar mengalir sesuai alur yang ada. Kalau kita jalankan dengan konsisten maka banjir di Malaka tidak ada dan dapat dieliminir. Kita atasi efek banjir bisa dilakukan dengan cara memperbaiki sarana dan parasarana infrastruktur yang rusak akibat banjir. (boni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top